Cari
 Wisata
 5 tahun yang lalu

Wow! Warna Danau Ini Mirip Pesona Biru Laut Karibia

ANDA pernah mendengar tentang Danau Linting? Objek wisata alam yang berada di Desa Sibunga-Bunga Kecamatan Senembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini hanya membutuhkan waktu satu jam dari Kota Lubuk Pakam dengan menggunakan sepeda motor.

Dari Medan, danau berair biru ini bias dicapai dalam waktu sekitar satu jam empat puluh lima menit. Menurut orang-orang yang sudah pernah ke Danau Linting, objek wisata ini bisa diandalkan. Sayangnya, belum ada sentuhan dari pemerintah setempat.

Masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Namun lupakan soal itu, keindahan air dan alam yang ditawarkan Danau Linting membuat pengunjungnya lupa pada perhatian yang belum diberikan pemerintah. Memandang air yang membiru di danau seluas sekitar 1 ha itu menimbulkan efek tenang.

Sangat eksotis. Banyak orang yang datang hanya sekadar duduk-duduk memandang danau. Namun, tak sedikit juga pengunjung menghabiskan waktu untuk mandi-mandi di sini.

Hanya saja, Anda diingatkan untuk selalu berhati-hati. Konon, danau ini sangat dalam, dan hampir tidak diketahui bagian mana yang dangkal. Hingga kini, belum diketahui berapa kedalaman sebenarnya dari danau ini. Menurut warga di lokasi, sejarah Danau Linting berawal dari sebuah retakan dari peristiwa vulkanik.

danau linting

Di sini, bisa dilihat kandungan belerang yang cukup tinggi. Aroma belerang cukup menyengat. “Dulunya lokasi ini adalah bukit tinggi. Suatu hari terasa getaran cukup kuat, dan beberapa bulan kemudian bukit itu berubah menjadi danau yang indah,” kata seorang warga. Perjalanan menuju Danau Linting juga mengasyikkan.

Lokasi ini mudah untuk diakses karena jalan menuju tempat ini tidak buruk-buruk amat. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan hamparan hijau pepohonan di sisi jalan. Tiba di lokasi, suasana segar dan nyaman akan Anda rasakan.

 Touring Komunitas Land Rover Club Medan

land rover medan

KOMUNITAS pecinta jip buatan Inggris, Land Rover Club Medan, akan mengadakan turing wisata dan sekaligus bakti sosial ke tempat wisata Danau Linting, di Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Turing wisata ini direncanakan pada Minggu (13/2/2011) dan akan diikuti sedikitnya 10 unit Land Rover.

Di Danau Linting yang memiliki air berwarna biru dan berair hangat itu, anggota LRCM akan memasang tempat sampah permanen, membersihkan sampah, dan menanam bibit pohon buah. “Sayang saja, lokasi wisata tapi tak terawat. Padahal sangat potensial,” kata David JS, anggota LRCM.

Karenanya, LRCM memutuskan untuk bakti sosial sekaligus turing wisata ke Danau Linting yang bisa diakses dalam waktu sekitar satu setengah jam dari Medan. Di sana, anggota LRCM akan bergotongroyong bersama masyarakat sekitar dan unsur Muspida setempat. Danau Linting adalah satu spot wisata yang bisa diandalkan oleh Kabupaten Deli Serdang. Sayangnya, spot wisata ini belum ditangani serius oleh Pemda setempat.

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah