Cari
 Nusantara
 1 tahun yang lalu

Ini 9 Sifat Mahasiswa Berdasarkan Asal Daerahnya

Foto Caption: Mahasiswa dari berbagai daerah

Sifat seseorang tidak bisa dilepaskan dari asalnya. Kemanapun pergi atau merantau, pasti akan keluar sifat aslinya. Begitupun juga dengan mahasiswa. 

Setiap karakter mahasiswa tentunya juga tidak bisa jauh-jauh dari tempat lahir mereka. Berikut adalah sifat-sifat mahasiswa berdasarkan daerah asalnya dikutip dari berbagai sumber:

1. Mahasiswa Papua

Anehnya mahasiswa asal Papua sering disebut dengan orang timur, mungkin karena letaknya yang berada di bagian paling timur dari Indonesia. Biasanya jika mereka kuliah di pulau Jawa, uang saku mereka sangat banyak. Karena standar hidupnya disesuaikan dengan gaya hidup di Papua. Mereka bisa 'berfoya-foya' meskipun akhir bulan. Jika kamu ingin mencari utangan karena uang bulanan dari orangtua belum dikirim, jagalah komunikasi secara baik dengan mahasiswa asal Papua. 

2. Mahasiswa asli Jawa

Yang masuk dalam golongan mahasiswa ini adalah dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Yang paling menonjol dari mahasiswa yang berasal dari Jawa adalah pemalu dan lebih penurut. Mereka tidak ingin beradu pendapat dengan yang lain. Akan tetapi, mereka juga sangat tekun dalam menghadapi sesuatu. Tim kamu akan menghadapi sedikit konflik jika semua anggota berasal dari kelompok mahasiswa ini. 

3. Mahasiswa dari Jawa Barat

Mahasiswa dari provinsi Jawa Barat ini lebih dikenal dengan mahasiswa Sunda. Mereka sering dikatakan sebagai orang yang suka dandan dan perfeksionis. Bahkan, bisa jadi mahasiswa dari wilayah ini penampilannya seperti kalangan artis. Selain itu, mereka juga sangat kerja keras dalam mengerjakan sesuatu. 

4. Mahasiswa dari Purwokerto 

Meskipun Purwokerto masuk dalam area Jawa Tengah, mahasiswa dari daerah ini merupakan pengecualian. Bahasa Ngapak menjadi identitas mereka. Jangan heran, jika sesama mahasiswa Purwokerto bertemu. Mereka secara otomatis ngobrol denga bahasa Ngapaknya yang lumayan nyaring dan terdengar unik karena intonasinya. Tapi jangan salah, mereka juga bisa menjadi partner yang baik untuk mencari mendoan. 

5. Mahasiswa dari Batak 

Jangan menciut jika kamu bertemu dengan mahasiswa Batak. Dari asalnya mereka memang dituntut untuk berani tampil. Bahkan mahasiswa asal Batak juga sering dinilai tidak sopan karena ingin menang sendiri. Sebenarnya mereka tidak 'kasar', karena memang sudah terbiasa dengan berbicara lantang dan juga tegas. Selain itu logat mereka juga sangat kental. 

6. Mahasiswa dari Bali

Mahasiswa dari Bali memang terlihat berbeda dengan mahasiswa lainnya. Mereka digolongkan sebagai orang yang bekerja keras. Selain itu, mereka juga sangat patuh dengan ajaran agamanya. Di sisi lain, mereka juga sangat ekspresif dalam menunjukkan bakatnya dalam kesenian. 

7. Mahasiswa dari Jawa Timur 

Meskipun masih disebut dengan keturunan Jawa, mahasiswa dari Jawa Timur mendapatkan stereotip yang berbeda. Mereka dianggap orang yang kasar karena bahasanya. Memang orang Jawa Timur ini tegas. Selain khususnya dari Malang sangat jago dengan bahasa Walikan. Yang menjadi perhatian dari mahasiswa asal Jawa Timur adalah orang Madura. Pulau yang terkenal dengan satenya ini, orangnya sering dianggap menjunjung tinggi harga dirinya. 

8. Mahasiswa asal ibu kota

Sebagai mahasiswa asal Jakarta, mereka sering dicap mahasiswa paling gaul. Selain itu, bahasa mereka sering dinilai tidak sopan. Terlebih lagi, mahasiswa asal Jakarta juga sering dinilai sebagai orang yang pilih-pilih teman. Bahkan sifat sombong dan angkuh juga sering melekat pada mereka. Bener nggak?

9. Mahasiswa asal Manado 

Manado terletak di provinsi Sulawesi Utara. Mahasiswa dari Manado ini sering dikaitkan dengan rasa toleransi yang tinggi, terutama dalam hal agama. Selain itu, mahasiswa Manado gengsinya sangat tinggi. Mereka tidak mau meminta-minta apapun keadaannya.

Dikutip dari Brilio.net
Tags
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah