Cari
Foto Caption: Tipa-tipa banyak dijual di Porsea dan Silimbat
 Wisata
 4 bulan yang lalu

Beras Dipenyet-in? Bukan, Ini Tipa-Tipa Jajanan Unik Khas Batak Dari Tobasamosir

Tiap  daerah di Indonesia  memiliki makanan khas ataupun oleh- oleh yang bisa dibawa jika berkunjung ke daerah tersebut. Demikian  halnya dengan daerah Kabupaten Toba Samosir

Jika Tarutung dikenal dengan kacang sihobuknya, Siborong-borong dikenal dengan ombus-ombusnya, maka Tobasa juga dikenal dengan tipa–tipanya. Tipa-tipa merupakan cemilan yang terbuat dari padi muda yang bisa ditemukan di daerah Tobasa dan beberapa daerah di tanah batak. 

Tipa tipa biasanya dibuat pada saat menjelang musim panen padi. Tipa-tipa terbuat  dari bahan baku padi yang masih muda. Cara membuat tipa tipa cukup mudah, begitu dipanen, langsung direndam selama dua malam. Kemudian ditiriskan dan digongseng hingga matang. Lalu dalam keadaan panas, padi tadi ditumbuk. Setelah itu dibersihkan/ditampi untuk memisahkan beras dari kulitnya.

“Setelah dibersihkan, maka Tipa-tipa sudah jadi, Bahan baku bisa berasal dari beras putih dan beras merah. Untuk menambah rasa, Tipa-tipa sebaiknya dimakan dengan campuran kelapa parut gula dan sedikit garam. 

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah