Cari
Foto Caption: Ilustrasi Teroris
 Opini
 4 bulan yang lalu

Ini Beberapa Alasan Orang Batak Tak Akan Jadi Teroris

Kasus terorisme di Indonesia seakan tidak pernah berhenti. Terakhir, para teroris pengecut itu menyerang kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, pada 14 Januari 2016.

Dalam insiden di jantung Jakarta itu, empat warga tewas dan puluhan lainnya luka. Serangan itu juga menewaskan empat pelaku yang melakukan bom bunuh diri.

Di Indonesia, sudah banyak pelaku bom bunuh diri. Mulai dari Bom Bali I, II, JW Marriott, sampai terakhir di Sarinah itu. Tapi dari sekian banyak 'pengantin', tidak ada yang orang Batak.

Menurut catatan Batakgaul.com, satu-satunya halak hita yang terlibat terorisme adalah Abdul Gani Siregar. Dia adalah satu dari 13 pelaku penyerangan dan perampokan Bank CIMB Niaga Medan pada Agustus 2010. Tidak ada aksi bom bunuh diri dalam insiden tersebut.

Nah, berikut ini adalah alasan kenapa orang Batak tak mungkin jadi pelaku bom bunuh diri:

1. Semua kalangan mengakui sistem kekerabatan orang Batak sangat erat. Marga yang ada di belakang nama orang Batak adalah penanda untuk sistem kekerabatan.

Orang satu marga, bagi orang Batak, adalah saudara kandung. Belum lagi hubungan lain yang bertalian atas dasar Dalihan Na Tolu (Hula-hula, Boru, Dongan Sabutuha).

X : Dah tau ko peta operasi kita kan bro?
Y : Jangan letak di situlah bang..Hotel itu punya tulangku.. Di cafe itu ajalah.
Z : Aihhhh... Jangan di situ, kafe tu punya namboruku..
Y: Jadi di mana? Pos polisi dekat simpang tu cemana?
Z : Bah... Jangan di situ.. Laeku suka mangkal situ...

2. Orang Batak dikenal egaliter. Tidak ada kelompok marga yang lain yang lebih atau paling tinggi dari yang lain.Kalaupun ada kelompok yang paling dihormati, itu adalah hula-hula (pemberi istri). Namun, ini bukan hierarki yang statis/tidak berubah. Sebab, setiap orang punya kesempatan untuk menjadi hula-hula.

X : Kita ada operasi nih.. Buat ngebom pos polisi Kampung A..siapa kita suruh..?
Y : Kau ajalah gerak, Lae...
X : Bah! Laemu kau suruh-suruh?
Y : Bah... Tapi aku ketuanya...
X : Akupun ketua!

3. Orang Batak itu terkenal sangat rasional. Perhitungan untung-rugi sebelum melakukan sesuatu pasti dilakukan masak-masak. Jika merugikan diri sendiri, pastilah tidak akan dilakukan.

Karena itu, orang Batak tidak akan melakukan perkerjaan gila kalau masih ada kerjaan yang lain.

X : Lek... Ada kerjaan sama kau ni... Pokoknya anak bini kau aman lah kujamin.. Tapi ko mesti berani korban.
Y : Apa kerjaan tu..? Awak siaplahh.
X : Ko mau jadi pengantin kan buat jihad kita.. Selain dapat surga.. Anak bini kau dijamin di sini kami buat.. Kali sahid kau.. Semua kebutuhannya kami jamin..
Y: jiahh... Udah gilaaa kau kurasa... Aku ngaji sama kelen bukan mau bunuh diri kek gini.. Kalo jihad, jaga anak bini pun jihad... Mending jual bumbu aku bang, bisa juga kaya aku... Lantak kelenlah kerjaan tu!

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah