Cari
Foto Caption: Jalan lintas Sumatera Utara di Desa Pondok Buluh atau Siantar-Prapat Km 30 terjadi longsor dan dalam proses perbaikan, Jumat (16/6/2017). (Tribun Medan / Dedy)
 Koran Toba
 6 bulan yang lalu

Jelang Lebaran Jalinsum Siantar-Parapat Km 30 Longsor

Kurang 10 hari menjelang mudik Lebaran 1438 Hijriah jalan lintas Sumatera Utara di Desa Pondok Buluh atau Siantar-Parapat Km 30 longsor dan masih dalam proses perbaikan.

Pantauan Redaksi, sejumlah pekerja dan alat berat terlihat melakukan pengerasan jalan. Pekerja terlihat membuka jalur baru utuk dibangun jalan beraspal, Jumat (16/6).

Kontraktor Abdul As Salam mengatakan pihaknya dari PT Bumi Karsa asal Makassar. Saat ini kondisi jalan longsor sedalam kurang lebih 40 meter dam sudah terjadi seminggu lalu.

"Ada sekitar 40 meter kedalamannya yang longsor. Saat ini kami sedang lakukan pengerasaan tanah untuk selanjutnya dilakukan pengaspalan," katanya.

Di sekitar longsor terlihat rambu pembatas jalan berwarna kuning-hitam. Beberapa pembatas juga akan dipasang agar memberi tanda bagi setiap pengguna jalan. Akibat longsor kendaraan bermuatan besar terpaksa bergantian melintas. 

Abdul As Salam mengatakan, pihaknya dikejar target merampungkan jalan longsor di Desa Pondok Buluh. Jalan ini merupakan Jalan Lintas Sumatera di Siantar-Parapat Km 30 yang diharapkan bisa selesai saat pemudik berlebaran sekitar sembilan hari lagi. 

Kontraktor lainnya, Wawan mengatakan, pihaknya berharap bisa membuat jalan baru sebelum Lebaran. Saat ini kendala yang dihadapi adalah cuaca yang tak menentu. 

"Ini Lebaran tinggal sembilan hari lagi. Harapannya bisa selesai lima hari ke depan sebelum Lebaran. Kendalanya saat ini cuaca. Karena terus menerus hujan deras. Jadi gak bisa dilakukan pengerasan dan diaspal. Padahal kalau panas terus cuacanya tiga hari selesai," kata Wawan.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah