Cari
 Event
 8 hari yang lewat

Ini Dia Juara Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Salah satu poin menarik dari puncak Rakornas Pariwisata III yang diselenggarakan Selasa (26/9/2017) hingga Rabu (27/9/2017) adalah lomba desain. Malam Wonderful Indonesia Tourism Award 2017 semakin berkualitas dengan tampilan layar LED tentang desain Restoran Nusantara yang dilombakan. Arsitekturnya penuh sentuhan Nusantara dan dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di 10 top destinasi tersebut.

"Hasilnya bagus-bagus. Silakan dipakai, dimodifikasi, disesuaikan, dan menjadi inspirasi dalam mendesain restoran," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Sayembara ini merupakan kerja sama antara Kementerian Pariwisata, PT Propan Raya, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Lalu Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) turut andil sebagai pelaksana dan pendukung.

Arief mengatakan sayembara ini diselenggarakan untuk mendukung pengembangan amenitas (fasilitas) pariwisata sebagai salah satu dari tiga aspek pengembangan pariwisata 3A, yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas.

"Salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pengembangan destinasi pariwisata adalah ketersediaan restoran. Dalam pengembangan destinasi pariwisata, peran serta masyarakat menjadi hal penting untuk diwujudkan dalam rangka menjadikan mereka tuan rumah di negerinya sendiri", lanjutnya.

Ia mengungkapkan sayembara ini juga memberikan kesempatan bagi para arsitek di seluruh Indonesia untuk turut memajukan Restoran Nusantara. Sekaligus memberikan solusi kepada Kemenpar untuk mengembangkan kawasan wisata dengan desain yang terbaik. Hal ini dilakukan demi mendukung program pengembangan 10 destinasi wisata di Indonesia yang diprioritaskan oleh pemerintah.

"Ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat di 10 destinasi wisata prioritas untuk memiliki usaha restoran yang dapat menarik kunjungan para wisatawan," tambahnya.

PT Propan Raya secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Tercatat sudah empat kali PT Propan Raya menyelenggarakan sayembara Arsitektur Nusantara, yaitu Sayembara Desain Rumah Budaya Nusantara (2013), Sayembara Desain Desa Wisata Nusantara (2014), Sayembara Desain Bandara Nusantara Alor (2015), dan Sayembara Desain Homestay Nusantara (2016). Pada penyelenggaraan yang ke lima ini, PT Propan Raya mengusung tema Sayembara Desain Restoran Nusantara .

"Sejak tahun 2013, PT Propan Raya secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Kami sadar bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya. Di titik inilah kami ingin memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa melalui arsitektur Nusantara. Harapannya, masyarakat Indonesia semakin mencintai dan menghargai budaya bangsa," kata Founder dan President Director PT Propan Raya, Hendra Adidarma.

Sayembara ini diisi oleh dewan juri yang kompeten, seperti Yori Antar (Ketua Tim Juri) dengan tim juri lainnya. Di antaranya Hari Santosa Sungkari (Bekraf) Harryadi Sukamdani (Ketua BPP PHRI) Joko Suyono (STP Bandung) Anneke Prasyanti (praktisi) Eko Alvarez (Praktisi) dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata). Adapun total hadiah yang diberikan totalnya mencapai Rp 1 miliar.

Berikut daftar juara Sayembara Desain Restoran Nusantara:

Danau Toba

 

Juara 1: Parmanangan Siwaluh Jabu, karya dari Antonius Setha Pramudya

Juara 2: Lapo Na Tabo, karya dari Eki Achmad Rujai dan tim

Juara 3: Inganan Marpungu, karya dari Chiquita Marina Pitono dan tim

Tanjung Kelayang

Juara 1: Bale Nyamen, karya Yonatan Hartanto dan Yessi Anastasia

Juara 2: Resto Ikan Bakar Tanjung kelayang, karya Basuki Firmanto dan Agung Radityo

Juara 3: A Taste of Nature, karya Eka Pradishtya Prasidhanta dan Anisa Yulia Rahmanita

Tanjung Lesung

Juara 1: Leuit Na Sagara Lesung, karya Chandra Tri Adiputra dan tim

Juara 2: Saung Ngariung Urang, karya Albertus Bobby Widagdo dan Ahlan Zakyyan

Juara 3: Pawon Lesung, karya Tri Handokok dan tim

Kepulauan Seribu (Jakarta)

Juara 1: Konteks,toea.L, karya Muchammad Ridwan Fauzi dan tim

Juara 2: Gang Kelinci, karya Riandita Amanda

Juara 3: Pintu Tamu Restoran, karya Ardian Hariowibowo dan tim

Dikutip dari Detik.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah