Cari
 Nusantara
 11 bulan yang lalu

Deretan Fakta yang Perlu Kamu Tahu soal Orangutan Tapanuli

Foto Caption: Orangutan Tapanuli (AFP Photo/Handout)

Orangutan Tapanuli menjadi spesies baru di Indonesia yang jumlahnya di ambang kepunahan. Mari kita mengenali spesies dengan nama latin Pongo tapanuliensis ini.

Fakta-fakta soal orangutan Tapanuli ini disosialisasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) lewat Twitter, Jumat (3/11/2017). Mulai dari usia hingga asal-usulnya.

Berikut ini sederet fakta soal orangutan Tapanuli:
1. Populasinya kurang dari 800 individu
2. Sangat lambat dalam berkembang biak
3. Hidup sampai usia 50-60 tahun
4. Jarak melahirkan 8-9 tahun
5. Rata-rata memiliki anak pertama di usia 15 tahun
6. Dinyatakan sebagai spesies kera besar terbaru di dunia, ditemukan di Ekosistem Batang Toru, di hutan dataran tinggi, di 3 kabupaten Tapanuli, Sumatera Utara.
7. Secara taksonomi lebih dekat dengan orangutan Kalimatan, Pongo pygmaeus, sehingga harus dipisahkan menjadi spesies sendiri. Merupakan moyang dari kedua jenis kera besar Pongo abeli dan Pongo pygmaeus.
8. Orangutan Tapanuli baru ditemukan kembali pada akhir 1990-an dan ditetapkan sebagai jenis baru berdasarkan penelitian genetika, morfologi, dan perilaku yang unik.
9. Jenis kera besar terlangka dan terancam di dunia (dinyatakan lebih langka dibanding gorila gunung Afrika).

Secara fisik, orangutan Tapanuli mirip dengan orangutan Sumatera, tapi bulunya cenderung lebih lebat dan keriting. Dia juga punya kumis yang menonjol dengan bantalan pipi berbentuk datar.

Orangutan Tapanuli makan buah-buahan, rayap, semut, hingga dedaunan dan ulat. Spesies yang dimakan juga belum pernah tercatat sebelumnya.

Dikutip dari Detik.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah