Cari
 Koran Toba
 7 bulan yang lalu

Viral Penipu Arisol, Pamer Mas Lebih Besar Dari Batang Sangge-sangge Seharga Miliaran

Foto Caption: Pasangan suami istri Athur Hamonangan Munthe dan Desi Frapitasari Hutagalung

Teringat saat Tika Romauli Siregar mendapat simpati luar biasa dari netizen setelah mengunggah kesedihan hatinya, batal menikah gegara ucapan sang calon ibu mertua Sumihar Simanjuntak yang dianggap menghina.

Nama Tika pun sempat viral di facebook dan disusul populernya kata sangge-sangge (Bahasa Batak serai) setelah percakapan Tika dengan Sumihar terkait soal kalung emas yang dipakainya di Whatsapp diposting di dinding FB Tika, Kamis (5/10/2017) lalu.

Postingan itu pun akhirnya dicabut Tika, tapi netizen yang sudah telanjur membagikan kisah sedih ini hingga menjadi perbincangan di dunia maya.

Namun kali ini, bukan perbincangan soal 'sangge-sangge' antara calon mantu dan calon mertua, tetapi 'sangge-sangge' yang ada di arisan ibu-ibu.

Viralnya 'sangge-sangge' yang dimaksud kali ini adalah arisan emas para ibu-ibu yang disebut-sebut nilainya miliaran.

Hal itulah dituliskan Micha Gultom NyHombing di laman Facebooknya, Sabtu (9/12/2017) dengan mencantolkan nama akun Dessy Arthur hingga menjadi viral. 

Berikut postingannya yang dikutip Tribun-Medan.com, Minggu (10/12/2017). 

Seputar Dessy Arthur si mas batang sangge2 hasil penipuan.. Percakapanku dgn keluarganya!
***
Aku rasa sih cerita ini DRAMA ya.. HOAX!!  Karna aku udh 2x datang ke rumah mertuanya..

Sekali ketemu mertua laki2 Rabu 6 Des 2017 (pada saat itu mertua perempuam tdk di tempat, dan diisukan ikut kabur bersama anak menantu dan cucunya, krna udh 2 hari ga ada nampak.. ga tau bnar apa ga)
Pada saat itu, mertua lakinya masih enak di ajak bicara, "Molo parumaenki NABURJU do i.. Mardosa molo bohong au hu dok dang burju, hape burju (artinya: Menantuku itu orang baik nya).

Kalo mmng bnar dia berhutang, rela ku jual mobilku ini ku jual smua hartaku utk membayar hutang2nya. Aku bertanggung jawab nya utk anak2ku. (Sambil ku lirik ke mobilnya, mobil tua yg bila dijual harga nya mungkin hanya kisaran 30juta. Dan kondisi rumah yg sederhana, yg aku rasa nilai jualnya tdk lebih 300juta itupum krna dpinggir jalan, namun rumah itu, sangat sderhana).

Sinilah no Hp kalian nanti ku hubungi pun kalo sudah bicara dgn dia.
Aku : okelah amangboru, pos rohaku kalo amangboru bilang amangboru yh menjamin.
Ok permisi lah kami, kami tnggu kabar amangboru ya..

Besoknya aku tlpon dan tanya kabar, aku : gimna Amangboru?
"gak tau aku, gak bisa di hubungi, coba kalian carik lah.
Aku : Kalo ga minta lah no Hp suaminya, "gak bisa dhubungi jg..kayaknya pergi mencari juga, katanya ke Pekanbaru dia" Bla bla bla, intinya mulai buang badan..

**Yg iya nya, mungkin sudah komunikasi dgn si dessy, semalamnya mungkin pas belum, dia pikir utang menantu nya itu 100-200jutaan yg ckup jual sebagian harta aja. Tp mungkin stelah brtanya dan sudah dngar bnyak ancaman juga yg akan buat pengaduan, krna ternyata nominalnya MILIYAR, makanya dia bungkam.

Jumat 8 Des 2017, kami datang lagi..
Trnyata mertuanya prempuan sudah drumah (semalamnya jg terdengar kabar mreka bergerak/berpindah posisi. Rasaku, dipantau dia tu dari fb ntah siapa, bnyak yg sudah mnyebut mertuanya ikut lari, makanya attar di pulangkan dlu mertuanya, dan dia pun pindah lokasi) .

Makin parah..!! Dsitu ada lae nya si Arthur juga, sempat ngotot2an, ngusir, bilang gak urusan mreka lah, ga mau kerjasama lah, sampai sempat terjadi cekcok.. Sekeluarga semua sama kakak2nya ikutan melantami..
Persis sprti ketika di tlpon eda Hanna Selly Elisabeth Silitonga dia jawab dengan songong, bahkan sok ngancam mau nuntut balik.. *ada bukti rekaman suara

Akhirnya siang itu jg kami pergi langsung ke Batang kuis, rumah trsangka.. Gak ada org drumah.. Kami jumpai tetangga, "iya udh mulai senin itu mreka pergi..ga ada drumah.. Masih blm setahun tinggal dsini.. Baru bulan lalu beli mobilnya yg putih itu kegnya.. Ini pagarnya ini aja pun baru minggu lalu dipasang..
Kami temuin deplover juga yg kbetulan marga Hutagalung juga dan tanya2.

INTINYA :
Cerita di bawah ini hanyalah drama yg dibuat pihak MUNTHE, untuk buang badan, agar tdk ikut terseret. Karna dia sudah tau, gimanapun ceritanya menantunya bakal GOL! Dan djualpun smua harta 1 turunan smua keluarga itupun ga bakal bisa menutup jumlah utang itu. (Karna memang *maaf bukan keluarga berada, sangat biasa2, dasar anak dan mantunya yg tak tau diri. Apalagi keadaan org tua si dessy dikampung2 pelosok sana..)
Jadi biar mreka ga ikut2an terseret, trmsuk juga mncoba mnyelamatkan anaknya si Arthur (suami dessy)

LOGIKA kita menilai..masak iya suami nya ga ikutan,,entah pun dia juga otak di balik ini...?! Klo mmng dia gak mau istrinya bgitu, harusnya dr awal di cegah mau kabur..bukan di dampingi kaburrr!! Lagian slama ini juga ikutan kan,,liat yg gantung di lehernya itu!!  Laki2 norak!! Kalah supir Sinabung... Gak malu pakai mas dari uang orang..
Sama noraknya sm istrinya yg kampungan itu. Dia bukan skedar menikmati hasil penipuan ini, tapi juga MENDUKUNG makanya bisa sedalam ini.. Beli rumah, beli mobil cash,, (purak2 mau open klot Fortuner) Bisa perempuan muda kelahiran 1991 gerak sendiri tanpa bantuan si laki2 bangkotan yg jauh lbih tua itu?? Kelahiran tahun 79.

Mertuanya juga sintua di HKBP Sidorame Medan..dan meminta agar berita ini jgan sampai ke pangula huria dan warga sekampung, karna ketakutan menanggung malu.. Maaf amangboru yg TERHORMAT, selama kalian tdk bisa kerjasama dan koperatif utk menegakkan keadilan ini, jagankan jemaat gereja, ke SELURUH PELOSOK NEGRI ini pun bakal di kabarkan berita yg sudah kepalang VIRAL ini..

Ginilah kalo gak pernah punya emas dan pegang uang banyak.. Mogap...lupa dia yg lalu lalang di rekening nya itu adalah uang org..Semoga pelaku segera tertangkap, agar mnjadi pembelajaran dan pertimbangan juga bagi calon2/bakat2 PENIPU lainnya di media sosial ini..
Smoga kita di jauhkan dari Dessy2 lainnya..! #shareberitasebenarnya #savememberarisol #dessysipenipu

Jika ditelusuri ke dalam Facebooknya Dessy Arthur, dia bernama asli Desi Frapitasari Hutagalung dan bersuamikan Athur Hamonangan Munthe. Asal dari Siborongborong, Kabupaten Humbanghasundutan. 

penipu arisan online

Netizen pun menanggapinya beragam.

"Ada yg bisa jelasin gak iya member ny disini. Dia nipu nya dimn. Apa kh Arisan ny itu berbntuk invest. Atau Arisan reguler dia no 1... Kalo reguler tentu pencairan selama Dia aktif jdi owner jln dong. Disini kita penonton biar paham gitu loh dia nipu ny sampe 2M, tu dimana," tulis Putry Shakel.

"Kemaren viral mas tipis sangge2. Sekarangg mas parumaen (mantu) stebal rante horbo (kerbau).. Ini parumaen idaman sang namboru (mertua) nabosahai," tulis Della Alberta Naibaho.

Sebelumnya akun Facebook atas nama Maria Butarbutar memposting komentar mertuanya si Dessy Arthur atas ulah istri anaknya laki-lakinya ini:

Nama : DESI FRAPITASARI HUTAGALUNG (mama chael)

Ngerih2 sedap semalam aku dengar cerita mertuanya edak. Awal mereka setelah nikah. Si dessy ini ngomong sama bapak chael, rumah mertua yg di Pelita 4 kita aja yg nempati. Gak lama org itu tinggal di situ, ribut sama tetangga si dessy ini.

Trus pindahlah ke dalan (jalan) durung yg di Pancing sana. Tapi dia minta modal sama mertunya 15 jt utk buat usha parfum. Disuruhnya bapak chael minta sma orgtuanya sendri. Dikasihlahkan. Hape holan (padahal baru ) 4 bln tahan usaha itu. Uangnya gk pernah nampak.

Semenjak makin berkembang arisolnya ini, mulailah barang org ditahan2nya. Bergayalah dia ke kampung pakai emas org. Dikasih si dessy ini sama orgtuanya emas hasil punya org. Makanya agak dilamain dikirim sma member.

Gak lama kemudian si dessy ini beli mobil baru. Rush terios. Tapi Cash, hasil uang arisol org.
Datang lagi mamanya dri kampung Mnta uang sma si dessy utk memperbaiki rumah yg di Toba sana tanpa sepengetahuan bapak chael. Dikasihlah sama mamanya 150 jt. Tpi itu uang tempahan mas. Semenjak berkembang arisol si dessy ini Dimanafaatkan kesempatan pakai uang member.  Attar (beralasan) diblng sipolan sana belum bayar. Mas disana tampahnya seminggu. Padhal tempahan mas 3 hari udh slsai.

Terus kata mertuanya. Banyak pun mas yg dipakai si dessy ini. Bukan punya dia sebenarnya. Tempahan org yg udh selesai ditahannya. Dipakailah utk bergaya. Biar org2 di arisol ini percaya kalau dia owner namora (kaya). Hape daong (padahal tidak).

Semenjak itu jg si dessy ini yg mulai berkuasa atau ngatur2 bapak chael. Karena uang dia lebih banyak dri bapak chael. Semua uang mas kita itu Dipakai hanya utk bergaya2 doang. Pdhal edak, udh diingatkan mertunyanya jgn salah melangkah . 

Sekarang Kalau udh kayak gni. Kami bisa apa, kata mertunya. Yg menikmati selama ini dia. Dan keluarga Hutagalung-nya. Se-gram pun gak ada dikasih sma kami masnya. Sma orgtuanya yg di kampung banyak dikasih.
Kami ganti pun gak bakal cukup rumah ini dijual. Utangnya lebih dri 1 M.

Kemaren gitu bapak chael pergi krja. Dia pergi jg dibwa si chael sama tasnya besar, dari hari Senin kemren gak tau kemna prgi smpai skrg, kata tetangga yg disna. Kami jg binggung mau cari kmna. Hp mati trus.
Kalau pun nanti kami ketemu sma si dessy ini. Kami serahkan sma kalian langsung. Mau kalian penjarakan mau kalian apain jg gpp.

Kami selaku mertuanya malu sma kelakuan parumaen kami ini. Kalau bsa minta tolong jangan smpai tau ruas gereja HKBP Ssidorame. Malu aku jdi Sintua (pengetua gereja). Tapi anak-anakku kriminal.

Ttd
Korban PHP krn batang sangge".

SanggesanggePostingan Maria Butarbutar.Sanggesangge

Hal serupa juga diposting akun Facebook Hanna Selly Elisabeth Silitonga: 

"Beginilah nasib Oner Arisol yang tamak dan serakah, padahal suami bekerja di perusahaan yang bonafid dan sudah punya posisi yg baik. Karena tamak, dia rela keluarganya kehilangan muka dan nama baik...

Karena serakah, dia rela suaminya meninggalkan pekerjaan dan karirnya yg sudah sangat baik..

Dan yang paling sadis, Dia lupa anaknya masih sangat kecil tp sudah kehilangan masa depan...

Silahkan di share teman2, supaya bs menjadi koreksi buat kt semua sehingga terhindar dr yg namanya TAMAK dan SERAKAH!!!

BERTOBATLAH Dessy Arthur... Banyak air mata yang tumpah menjelang hari Natal ini krn kau telah memakan hak banyak keluarga yang berharap liburan Hari Natal dan Tahun Barunya bs berjalan dengan indah... Jalanilah hidupmu dalam sumpah serapah dr banyak orang!!!  Demikian postingannya yang sudah dibagikan netizen lebih dari 850 kali. 

Inilah awal postingan Micha Gultom NyHombing terkait dugaan permasalahan ini hingga menjadi viral "sibatang sangge-sangge": 

Kalo kau Dessy Arthur siap2 lah kau...!!!
Yg keg2 kau ini gak cukup cuma di polisikan aja..!! Harus di GILAKKAN..!!
Kami tunggu kau keluar dalam 1x24 jam ini ya...!! Sampai bsok sore belum ada beritamu, berdoa ajalah kau minta pengampunan dari Tuhan...juga untuk suami dan anakmu.
Hari ini fotomu terprint di HVS... besok lusa akan terprint di KORAN..!! smoga bukan prinan berita duka..!!

== DICARI ==
Mohon bagi yg melihat utk membantu menginformasikan kepada kami atau kpda pihak kepolisian, krn ybs sudah masuk DPO..

terkait kasus PENIPUAN, melarikan uang bnyak orang senilai kurang lebih 2 MILIYAR rupiah..!!
Daerah asal (kampung) Siborong-borong/Dolok Sanggul masuk kepedalaman..
Rumah tinggal di Batang Kuis Medan
Mertua di Pelita V Medan

Yg dekat dgn daerah2 tersebut, mohon di tandai wajahnya ya..siapa tau terlihat.
bisa juga infokan ke
TaRi SiantuRi
Hanna Selly Elisabeth Silitonga
bantu SHARE ya.. Trims

Viralkan. #sibatangsangge2. #ownerabal2 . #dessyarthurpenipu.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah