Cari
 Wisata
 8 bulan yang lalu

Transportasi Online Menjamur, Becak Khas Sumut Ini Punya Daya Tarik Tak Habis Dimakan Masa

Foto Caption: Suasana pangkalan becak vespa di Balige

Sumatera Utara memiliki transportasi khas yang menjadi daya tarik wisatawan, yakni becak yang ditarik dengan sepeda motor lawas.

Transportasi tersebut bisa anda jumpai saat mengunjungi Kota Siantar dan sekitarnya serta Kota Balige dan sekitarnya.

Di Siantar ada becak sepeda motor antik dengan mesin Birmingham Small Arm (BSA) Buatan Inggris dijadikan angkutan umum. Sedangkan di Balige ada becak yang ditarik dengan vespa tahun lawas.

becak vespa balige

Wisata keliling naik becak wajib dicoba.Jika di kota lain sepeda motor vespa tahun lama terbilang langka, maka tidak di Kota Balige. Karena sepeda motor antik dan unik ini mudah didapatkan di sepanjang jalan khususnya tempat para tukang becak mangkal.

Mulai Vespa tahun 50 an hingga 80 an akan mudah anda ditemukandengan kondisi masih bagus dan digunakan untuk menarik becak. Bahkan, jika sedang pergelaran Festival Danau Toba, becak ini dihias sedemikian rupa untuk dibawa keliling kota membuat festival semakin meriah.

Jadi, sayang rasanya jika jalan-jalan di Balige tanpa menaiki Becak Balige.

Disebut Becak Balige, karena hanya di Balige wisatawan dapat menemukan becak ditarik dengan sepeda motor antik yang dilestarikan kota ini.

Suaranya nyaring dan sangat mudah dikenali. Bentuknya tidak kalah unik, dengan aneka warna yang cukup terang seperti merah, kuning, biru dan hijau, ukurannya yang kecil tetap dapat mencuri pandangan walaupun di tengah kerumunan kemacetan.

Kemudian tak lengkap Jalan-jalan di Siantar jika tak naik becak Siantar.

Becak siantar BSA

Disebut Becak Siantar, karena hanya di Siantar wisatawan dapat menemukan sepeda motor antik dengan mesin Birmingham Small Arm (BSA) Buatan Inggris dijadikan angkutan umum.

Bagi yang suka berpetualang apalagi sudah pernah ke kota Siantar atau ke Sumatera Utara pastilah pernah mendengar bahkan naik Becak Siantar.

Becak Siantar berbeda dengan becak-becak lain di Indonesia karena memiliki kekhasan. Becak Siantar menjadi terkenal karena ditarik motor besar tua bermesin 350 CC sampai dengan 500 CC yang juga dipakai kendaraan sepeda motor Harley Davidson.

Becak Siantar merupakan peninggalan dari penjajah yang pernah menjajah di Siantar, yang juga digunakan orang Belanda pada masa itu sebagai alat transportasi.

"Becak Siantar memiliki roda tiga dan merupakan sepeda motor yang sudah langka. Inggris, sebagai pembuat motor BSA hanya memiliki sekitar 800 unit, Australia 400 unit, Firlandia 250 unit, sedangkan di Pematangsiantar adalah lokasi terbanyak yabg masih memiliki sekitar 1000 unit.

Secara umum, motor BSA masuk ke Indonesia pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara Sekutu (Belanda-Inggris). BSA kemudian menyebar ke daerah-daerah jajahan Belanda, termasuk ke Siantar.

Rata-rata usia motor sudah mencapai 60 tahunan. Motor yang saat ini berjumlah sekitar 400 unit itu ada yang dibuat tahun 1941, 1948, 1952, dan yang lebih "gres" buatan tahun 1956.

Becak Siantar sudah dapat dijadikan menjadi salahsatu situs purbakala, karena sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 1992, setiap benda peninggalan sejarah di atas usia 50 tahun dapat dinyatakan cagar budaya dan wajib dilindungi pemerintah.

Walaupun menjadi transportasi yang cukup unik dan terkenal, naik Becak Siantar tidak mahal alias tarifnya sesuai jarak. Jika wisatasan ingin keliling siantar atau menjelajah ke Sidamanik, hanya cukup merogoh kocek Rp 70 ribu dengan memakan waktu sekitar 1 jam.

Jika jarak wisata yang dekat, sekitar 10 menitan dari kota Siantar, seperti Taman Hewan Siantar, ongkosnya sekitar Rp 7 ribu hingga 10 ribu.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah