Cari
 Narasi
 5 bulan yang lalu

Tata Cara Melamar Gadis Batak, Ribet Tapi Worth It Kok!

Foto Caption: Pasangan Batak

Beragam suku yang ada di Indonesia, bikin beragam pula adat serta istiadat soal melamar di tiap daerah. Bisa dibilang, rata-rata adat soal melamar di Indonesia itu cukup panjang dan ribet bro. Nah, cara melamar di adat Batak ini misalnya.

Ada banyak proses yang kamu lalui agar lamaranmu bisa diterima oleh pihak wanita. Nampaknya sih memang ribet bro, tapi saat dilalui jadinya menarik dan worth it kok! Gak percaya? Simak deh dulu tata cara melamar sesuai adat Batak di bawah ini.

Fyi, proses melamar di adat Batak itu sebenarnya berbeda-beda karena memang suku Batak sendiri beranekaragam (ada Batak Toba, Batak Karo dan lainnya). Di sini redaksi Tobatabo akan mengambil tata cara paling lazim dan banyak digunakan.

1. Marhori-hori dinding

marhori-hori dingding
roosvansia.com

Tahapan ini adalah awal mula tradisi melamar di suku Batak bro. Buat kamu yang sudah merasa pas dengan cewekmu yang orang Batak, maka kamu wajib melalui tahapan ini sebelum resmi mempersuntingnya.

Marhori-hori dinding ini sebenarnya adalah tahapan kamu sebagai cowok meminta seorang gadis untuk dijadikan istri kepada orangtua si gadis. Jika orangtua gadismu sudah memberikan 'lampu hijau', maka kamu bisa masuk ke tahapan meminang dengan mengutus orang kepercayaan keluargamu untuk membicarakan tahapan lebih lanjut seperti kapan dan dimana pernikahan adat akan digelar.

Fyi, saat itu juga bro biasanya akan dibicarakan soal maharta sinamot atau mas kawin yang wajib diserahkan ke gadismu. Nah, sinamot ini dulunya dianggap jadi semacam 'uang beli' sebagai ganti kepada orangtua gadismu yang telah membesarkan dan menghidupi hingga kini. Namun seiring berkembangnya zaman, sinamot jadi semacam simbol saja sekarang.

2. Marhusip

marhusip
mitraphoto.com

Marhusip ini bisa dibilang tahap lamaran resmi dalam adat Batak. Jadi, kamu wajib membawa keluarga besarmu dan hantaran berupa pinahan lobu atau babi (atau juga bisa diganti sapi). Nah, mempelai cewek biasanya kan menyiapkan dekke atau ikan mas arsik sebagai tanda siap menerima kedatangan keluarga besar calon menantu.

Layaknya acara lamaran, pada saat marhusip kedua keluarga besar duduk berhadapan dan diwakilkan oleh raja parhata. Raja parhata masing-masing dari pihakmu dan pihak gadis akan saling berbalasan pantun sebagai tanda mulainya prosesi lamaran.

Jika sudah kedua keluarga besarmu dan gadismu mencapai kesepakatan, maka kamu dan dia akan dipertemukan. Sebagai tanda, kamu biasanya akan diberikan uang ingot-ingot yang diletakkan di atas beras. Uang ini sebagai tanda pengingat untuk pesta adat berikutnya.

3. Martupol

martumpol
instagram.com/batakbrides2016

Kalau dua proses tadi mulus bro, maka kamu berhak masuk ke tahapan Martupol. Di tahapan ini kamu bakal bertukar cincin dengan calon pasangan di tempat ibadah atau di lembaga agama.

Jangan lupa, pas memasuki tahapan ini kamu wajib menghadirkan saksi untuk menandatangani perjanjian pra nikah. Di tahapan ini, lembaga agama yang mengesahkan hubunganmu akan memberi pernyataan adakah pihak yang gak setuju dengan pernikahan. Jika ada, maka bisa jadi semua prosesi lamaran dan pernikahan bisa dibatalkan.

4. Martonggo raja

martonggo raja
instagram.com/batakbrides2016

Prosesi ini dilakukan sesaat setelah proses martumpol. Jadi, kedua belah pihak wajib bertemu untuk membicarakan persiapan pernikahan.

Karena pernikahan sesuai adat Batak itu akbar bro, jadi persiapannya memang akan ribet dan panjang. Jadi, bersiaplah untuk pusing-pusing saat sudah memasuki tahapan ini.

5. Ulaon unjuk

ulaon unjuk
instagram.com/batakbrides2016

Ini adalah proses atau tahapan puncak dari adat Batak. Diawali dengan acara pemberkatan ditutup dengan pemberian ulos pas acara adat, Ulaon unjuk biasanya waktunya cukup panjang. Kamu wajib menyiapkan staminamu deh bro saat acara ini, soalnya memang dari pagi sampai malam menjelang.

Fyi, acara penting pada prosesi ini adalah penyerahan ulos bro. Soalnya, ulos itu diartikan sebagai saluran berkat maka jangan kaget kalau hampir semua keluarga besar dari kedua pihak akan mendapat ulos.

Selain itu, semua keluarga besar dari kedua belah pihak juga wajib duduk di pelaminan. Mulai kakek, nenek, paman dan saudara laki-laki yang sudah menikah wajib duduk dipelaminan dan disalami semuanya. Kekerabatannya terasa banget lah!

Ya, meski bisa dibilang ribet tapi melamar gadis Batak itu worth it banget karena sekalinya kamu lolos melalui prosesi di atas maka kamu resmi jadi keluarga besar dari calon pasanganmu.

Dikutip dari IDNTimes
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah