Cari
 Kuliner
 2 bulan yang lalu

Ini Alasan Anissa Aziza Nangis Saat Icip Ikan Mas Arsik Buatan Raditya Dika

Foto Caption: Raditya Dika dan Istrinya Anissa Aziza (Youtube)

Jakarta – Raditya Dika coba masak sajian khas Batak, Ikan Mas Arsik khusus untuk istrinya. Apakah sajian berwarna kuning dengan banyak rempah buatannya lezat?

Tak mau kalah dengan sang istri, Raditya Dika coba unjuk kebolehan masaknya. Kemarin, komedian sekaligus sutradara itu mengunggah video saat dirinya masak ikan mas arsik khas Medan di akun YouTube pribadinya. Sajian itu ia buat spesial untuk istrinya, Anissa Aziza.

catatan cara masak ikan mas

Arsik sendiri merupakan salah satu sajian khas Batak Bahan utama pembuatan arsik ialah ikan mas dengan sisik masih menempel pada ikan. Ikan mas diolah dengan bumbu kuning yang terbuat dari beragam rempah termasuk andaliman dan kecombrang.

“Setelah gw konsultasi ke banyak orang, gw bacain komen-komen dari kalian, pada request makanan lokal. Trus aku mulai mikir-mikir makanan lokalnya apa, ya? Oh kenapa nggak sesuatu yang deket dengan gw, yaitu makanan batak. Mulai lah gw mencari eh.. makanan Batak apa yang paling terkenal. Ternyata ada yang namanya Ikan Mas Arsik,” tutur pria berusia 33 tahun itu.

Pria bermarga Nasution itu lantas membeli semua bahan pembuatan ikan mas arsik di supermarket. Ia membeli, cabe, bawang putih, bawang merah, batang serai, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, asam gelugur, andaliman, kecombrang, bawang Batak, dan kacang panjang.

raditya dika masak ikan mas

Semua itu ia beli berdasarkan resep ditulis dalam selembar kertas oleh ibunya. Ibunya juga memberitahu bahan serta cara membuat ikan mas arsik. Tapi sayangnya, ia tak memberitahu Radit berapa jumlah bumbu yang dipakai untuk memasak satu ekor ikan mas. Sehingga Radit memutuskan untuk mulai memasak dan berkreasi sendiri.

“Karena berdasarkan insting dan darah Batak yang mengalir dalam tubuh gw, gw yakin gw bisa menemukan proporsi yang pas sendiri tanpa dikasih tau sama orang lain,” candanya.

Yang jelas, ibunya menuturkan kalau proses masak ikan arsik dibutuhkan waktu selama 2-3 jam. Sedangkan kacang panjangnya digunakan sebagai alas ikan. Agar ikan mas tak gosong karena waktu masak yang lama. Karenanya kacang panjang tak perlu dipotong.

Awalnya, bagian perut ikan mas diberi kecombrang dan bawang Batak oleh Radit. Menurutnya, ini dilakukan agar ikannya tak amis.

Begitu Anissa memasukkan daging ikan mas itu ke dalam mulutnya, ia mulai menitikkan air mata.Ia mulai meracik bumbu dan memasaknya. Tak membutuhkan waktu satu jam bahkan 2 hingga 3 jam seperti yang disebutkan ibundanya, Radit menganggap ikan mas arsik buatannya sudah matang. Ia pun menyajikan ikan mas berbumbu kuning itu pada sang istri.

Anissa juga menambahkan alasan kenapa sajian itu membuatnya menangis. “Aku takut keracunan. (Takut) nggak enak dan takut nggak mateng, takut apalah semua kayak di kepala gitu jadi pas mau makan itu kaya,” ungkap Annisa hingga tak bisa melanjutkan kata-katanya.“Kok nangis, kenapa nangis?” tanya Raditya Dika. Anissa dengan cepat menjawab, “Takut”.

Walau demikian, Annisa memuji kebolehan memasak Radit karena ikan mas yang ia masak tak berbau amis. Akan tetapi rasanya hambar.

Dikutip dari kueon.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah