Cari
 Event
 10 hari yang lewat

Opera Batak Sisingamangaraja Pentas 24 September 2018 di Malaysia

Foto Caption: Sisingamangaraja XII Pahlawan Nasional dari Tanah Batak (Kolase Tobatabo)

Opera Batak dengan judul lengkap “Sisingamangaraja, Tongtang I Tano Batak’, akan dipentaskan di dua kota di Malaysia. Kedua kota dimaksud tepatnya di Experimental Theater University of Malaya, Kualalumpur pada 24 September 2018 dan di Universiti Teknologi Mara Cawangan, Pahang pada 26 September 2018.

Judul dan garapan itu diproduksi oleh sejumlah dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Sumatera Barat melalui hibah penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Republik Indonesia.

Tahun lalu proposal penelitian diajukan oleh Enrico Alamo, S.Sn., M.Sn, dosen dari Jurusan Teater ISI Padangpanjang setelah menjalin komunikasi dengan Thompson Hs, Direktur Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) Siantar untuk kemungkinan kerjasama kembali.

Tahun 2009, Enrico Alamo sudah bekerjasama dengan PLOt untuk fasilitasi data tentang Opera Batak dalam rangka penyelesaian studi pasca-sarjana di ISI Yogyakarta dengan spesialisasi penciptaan. Kemudian tahun 2010 satu judul garapan Opera Batak berjudul “Sampuraga” dihasilkan oleh Enrico Alamo.

Enrico Alamo merupakan salah satu dari sejumlah akademisi yang sudah memanfaatkan data Opera Batak setelah direvitalisasi sejak 2002. Sudah ada 15 orang memanfaatkan data Opera Batak yang ada di PLOt untuk kepentingan studi sarjana, 6 orang untuk pasca-sarjana, dan 2 untuk doktor.

Enrico Alamo saat penelitian pada 2009 sempat berjanji untuk membuat pertunjukan tentang Sisingamangaraja suatu saat. Janji itu muncul setelah bertemu dengan almarhumah Zulkaidah Harahap. Tidak sampai 10 tahun, janji itu mulai nyata dengan judul dan garapan yang akan dipentaskan di dua kota di Malaysia dalam waktu dekat.

Bulan April 2018 lalu Enrico dan tim datang dari Padangpanjang untuk melalukan penelitian lapangan dan referensi. Penelitian lapangan dilakukan ke Balige, Muara, dan sejumlah tempat penting di Bakara terkait Sisingamangaraja.

Sedangkan referensi, terutama buku-buku tentang Sisingamangaraja dan informasi kebatakan sebagian sudah tersedia di PLOt. Alat-alat musik yang digunakan untuk pengiring pertunjukan Opera Batak juga direkomendasikan oleh PLOt dengan menunjuk hasil buatan-manual seseorang yang pernah terlibat dalam proses revitalisasi Opera Batak di Tarutung sejak 2002.

Naskah “Sisingamangaraja, Tongtang I Tano Batak” ditulis oleh Dr. Sulaiman Juned, dosen ISI Padangpanjang dan seorang penyair asal Pidie, Nanggroe Darussalam Aceh. Proses penyempurnaan naskah itu dilakukan bersama Edi Suisno setelah diskusi di sana-sini secara intens dengan tim. Sub-judul Tongtang I Tano Batak sebelumnya adalah Perang di Tanah Batak. Namun Enrico Alamo meminta sub-judul itu dibuatkan dalam Bahasa Batak Toba.

Sejak bulan Juli 2018 lalu proses latihan untuk manifestasi naskah tersebut sudah dilakukan di Padangpanjang. Garapan Opera Batak untuk naskah tidak pakem seperti Opera Batak terdahulu. Namun persis seperti garapan ‘Sampuraga’ yang dibuat oleh Enrico Alamo sebagai sutradara dengan melakukan modifikasi dan koreografi yang khusus digarap oleh Sherli Novalinda, dosen tari dari ISI Padangpanjang juga. Tentu saja tari cawan yang biasa sebagai daya tarik pada Opera Batak akan tetap diadakan selain lagu seperti “Assideng” dan musik tradisi yang sudah dipelajari.

Sejumlah mahasiswa ISI Padangpanjang menjadi pemain dalam pertunjukan perdana di Malaysia itu dan juga melibatkan Thompson Hs memerankan tokoh Amandopang Manullang, salah satu kepercayaan Sisingamangaraja XII. Latihan bersama di Padangpanjang akan berlangsung sampai 21 September 2018 sebelum berangkat ke Malaysia pada 23 – 27 September.

Ini salah satu wujud visi Opera Batak tahun 1930-an yang pernah mengatakan akan merajai Asia dan Eropa. Opera Batak ternyata 2013 lebih awal mulai ke Eropa dengan Tim Opera Batak PLOt. Tahun 2018 PLOt bekerjasama dengan para akademisi dari Padangpanjang membawa Opera Batak memasuki wilayah Asia di luar Indonesia. 

infografis sisingamangaraja xii

Info grafik tirto.id/Quita

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah