Dukung Danau Toba, Pelindo Harus Sediakan Dermaga Kapal Turis di Belawan

Posted 18-02-2016 14:30  » Team Tobatabo

Belawan - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dalam waktu dekat segera membangun atau menyediakan dermaga dan terminal sebagai tempat sandar kapal turis di Pelabuhan Belawan. Hal tersebut dikatakan anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo Soekartono kepada wartawan, Senin sore (15/2) di sela-sela kegiatannya bersama rombongan meninjau kondisi Terminal Penumpang Bandardeli di Pelabuhan Belawan Lama. 

Menurutnya, dermaga kapal penumpang internasional tersebut sangat perlu dilakukan untuk mendukung pemberdayaan potensi Danau Toba sebagai kawasan tujuan wisata turis mancanegara seperti yang telah diprogramkan pemerintah Jokowi-JK. "Terminal yang ada saat ini sudah cukup bagus, tetapi perlu segera direnovasi sebagai tempat sandar kapal turis, untuk mendukung pemberdayaan potensi Danau Toba sebagai kawasan wisata turis mancanegara," ujar Bambang Haryo Soekartono kepada wartawan. 

Selain itu, menurut anggota Komisi VI DPR RI tersebut, PT Pelindo I yang memiliki wilayah kerja sangat strategis di kawasan Selat Malaka, ke depan harus mampu bersaing dengan pelabuhan Singapura dan Malaysia. "Selat Malaka setiap tahunnya dilalui kurang lebih sembilan puluh ribu kapal internasional dengan muatan seratus juta teus kontainer. Ini yang harus direbut, sehingga kita bisa bersaing dengan Singapura dan Malaysia," lanjut Bambang Haryo Soekartono. 

Menyikapi hal tersebut, GM PT Pelindo I Belawan Sahat Prawira mengatakan, pihaknya telah menyiapkan areal atau dermaga untuk sandar kapal turis yakni berdekatan dengan terminal penumpang domestik yang telah ada saat ini. Sedangkan untuk meraih potensi pasar terhadap arus lalulintas kapal internasional yang melintas Selat Malaka, saat ini PT Pelindo I sedang melakukan berbagai pembenahan/pembangunan, seperti pengembangan dermaga Belawan International Terminal Container (BICT) dan pembangunan Pelabuhan Kualatanjung.

Sumber SIB

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI