Sensasi Dingin dan Eksotik di Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara

Posted 29-09-2012 13:01  » Team Tobatabo

Anda sering menikmati pemadangan air terjun dan merasakan sejuk airnya? Umumnya air terjun berada di dataran tinggi dengan air yang jernih nan sejuk berwarna bening. Anda akan merasakan sensasi berbeda dengan obyek wisata yang mulai dikenal luas masyarakat Sumatera Utara, yaitu air Terjun Dwi Warna. Dinamakan Dwi Warna karena air yang terjun dari atas ke dasar penampungan air terjun terlihat berwarna biru muda dan putih keabu-abuan. Dua warna ini disebabkan terlarutnya fosfor atau belerang dan kapur yang ada di tebing air terjun. Pemandangan ini sangat jarang ditemukan di tempat lain. Dasar air terjun yang biru muda bercampur putih membuat pemandangan di tempat ini sangat mengagumkan. Pemandangan mengagumkan membuat banyak wisatawan tak melewatkan untuk berendam sambil berfoto ria meskipun airnya sangat dingin. Dengan tiga air terjun dimana tingginya sekitar 100 m, membuat keunikan dwiwarna sangat dikagumi.

Tebing berkapur dan air mengandung belerang membuat air terjun memiliki dua warna (dok. pribadi 2009) Ketinggian air terjun sekitar 100 m (dok. pribadi 2009) Lokasi air terjun dwiiwarna sendiri tidak sulit untuk dijangkau. Bagi Anda yang sedang bepergian ke Medan dan memiliki waktu sennggang satu hari, Anda punya peluang untuk menimatinya, asalkan cuaca cerah. Dengan naik bus bus antar kota jurusan Kabanjahe Dari Medan atau dengan mobil sewa dalam waktu satu jam , Anda sudah bisa tiba di Bumi Perkemahan (Buper) Sibolangit Kabupaten Karo. Sebelum tiba di Buper Sibolangit, Anda juga akan melewati lokasi wisata terkenal di Sumut yaitu Hill Park atau Mickey Holiday, yang hanya berjarak 1.5 km dari pintu masuk Buper. Dari pintu masuk Buper Sibolangit Anda bisa menyewa pemandu dengan tarif 100 – 300 ribu (tergantung jumlah orang dan nego) untuk mengantar Anda ke Air Terjun Dwi Warna. Setelah ‘deal’, Anda bersiap akan menikmati “jungle adventure” melewati hutan lebat dataran tinggi. Jalur setapak menuju Air Terjun sangat mudah ditelusuri karena sudah diberi tanda yang jelas oleh pengelola. Pengelola tak lupa memberikan peringatan agar pengunjung tidak membuang sampah di hutan.

Hutan Alam Sibolangit, keindahan lain di lokasi wisata Air Terjun Dwi Warna (dok. pribadi 2009) Nah, sekitar 1.5 – 2 jam Anda menikmati petualangan di Hutan Alam dan menyebrang beberapa sungai kecil di dalam hutan, bersiaplah untuk menikmati pemandangan bak surga yang berada di ketinggian 1270 mdpl.

Peringatan bagi pengunjung untuk menjaga kebersihan (dok. pribadi 2009) Ada obyek menarik lain di dekat Air Terjun yaitu sebuah prasasti yang dibuat untuk mengenang korban meninggal dari salah seorang wisatawan, tahun 2006. Disinilah biasanya banyak wisatawan mendirikan tenda untuk bermalam dan berlama-lama mendengar suara dan menikmati indahnya dwiwarna.

Tugu mengenang wisatwan yang meninggal di lokasi Air Terjun Dwi Warna (dok. pribadi 2009) Menariknya, Air terjun Dwi Warna sering dikunjungi oleh wisatawan etnis Tionghoa. Ada pendapat yang menyebutkan bahwa air terjun dwi warna merupakan tempat untuk meraih keberuntungan menurut kepercayaan sebagian orang. Apakah ini benar. Tentu benar, karena bila Anda sudah pernah kesana, Anda merupakan orang yang beruntung telah menikmati salah satu pemandangan langka dan sangat indah di dunia ini.

Wisatawan menikmati sensasi dingin dan air dua warna (dok. pribadi 2009) Bagi Anda yang hobi ’berselancar’ dengan Google Earth atau memiliki Global Postitioning System (GPS) silahkan masukkan koordinat berikut untuk posisi Lokasi wisata Air Terjun Dwi Warna dan sekitarnya berikut ini : - Hill Park/Mickey Holiday : 3.282513 o Lintang Utara (LU) dan 98.55400 o Bujur Timur (BT) - Pintu Masuk Buper Sibolangit : 3.271135 o LU dan 98.547549 o BT - Camping Ground PTPN VII : 3.269939 o LU dan 98.539724 o BT - Air Terjun Dwi Warna : 3.259386 o LU dan 98.513589 o BT Selamat jalan-jalan menikmati sensasi air dingin dua warna di Air Terjun Dwi Warna. Jangan lupa oleh-olehnya ya :)

Achmad Siddik Thoha

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI