Beberapa Alasan Orang Batak Bangga Punya Marga

Posted 18-05-2017 21:27  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ruhut Sitompul Artis Serta Politisi Mengikutsertakan Marganya

Kamu punya teman atau kekasih orang Batak? Bingung kenapa mereka sangat menjunjung tinggi marganya? Ternyata ini alasan kenapa orang Batak sangat bangga dengan marganya.

Marga adalah identitas. Sampai-sampai kalau kamu bertemu dengan orang baru, pasti yang ditanyakan bukan nama, tapi marganya.

Setelah bertanya marga, barulah mereka akan menanyakan hal yang lain. Kalau marganya sama dengan margamu, pasti persaudaraan langsung terjalin. Marga adalah harta lahiriah yang bisa menjadi pembuka jalan untuk meniti karir.

Karena, setiap marga punya asal-usul. Marga ini berkaitan dengan martarombo (mencari asal-usul dan hubungan marga).

Nah, kalau sudah paham betul asal-usul margamu, berarti kamu sudah mempelajari sejarah yang sangat berharga.

Sejarah asal-usul kamu dan keluargamu. Ini yang enggak pernah diajari di sekolah mana pun. Dengan menggunakan marga yang berada di belakang namamu, kamu akan mudah dikenali oleh orang lain, kalau kamu adalah orang Batak.

Kamu membawa nama belakangmu itu kemana pun. Dengan begitu nama yang berharkat tinggi itu menjadi pagar bagimu untuk selalu berkelakuan baik, berbudi pekerti dan saling toleran antar sesama.

Kamu enggak bisa melakukan kejahatan atas nama apa pun, karena kamu hars menjaga martabat margamu.

Selain itu, kalau kamu pakai marga, lalu kamu menghilang entah kemana selama berpuluh-puluh tahun, kamu akan tetap bisa ditemukan.

Marga ternyata bisa menjadi pemersatu kembali sebuah keluarga yang telah terpisah.

Marga enggak akan pernah menurunkan derajatmu. Kamu yang bermarga sama dengan orang yang sudah sukses akan mengangkat derajat hidupmu.

Kamu boleh menganggap orang yang enggak sedarah bukan termasuk keluargamu. Tapi satu marga, artinya satu rumpun. Kalian bersaudara. Enggak peduli beda nenek, kakek, enggak satu darah, kamu tetaplah keluarga.

Nah, itu dia alasan-alasan kenapa orang Batak merasa bangga dengan marganya. Ternyata marga adalah harta yang paling berharga.

Dikutip dari Bintang.com
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI