Cari

Wisata Air Terjun Sumatera Utara [Part 3]

Posted 22-10-2012 13:52  » Team Tobatabo

 

11. Air Terjun Marike - Langkat

loading...

Air Terjun Marike memiliki ketinggian 12 m.  Di dekat lokasi air terjun ini banyak terdapat goa yang mana salah satunya memiliki panjang 60 m yang tembus kemulut gua yang lain dan merupakan jalan pintas.

Lokasi

Terletak di Desa, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 3 km sebelah timur Pekan Marike Kecamatan Salapian. Dan dari kota Medan berjarak sekitar 74 km dan dari ibukota Binjai sekitar 52 km dengan lama perjalanan 2 jam dari Medan dan 1 jam dari Binjai.

 

12. Air Terjun Ompu Lagang - Humbang Hasundutan

Lokasi

Terletak di Desa Sihikkit, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara.

 

13. Air Terjun Pollung - Humbang Hasundutan

loading...

Air Terjun Pollung memiliki ketinggian sekitar 65 meter, debit air 4 meter kubik per detik serta lebar air terjun 3,5 meter.  Air terjun ini memiliki kondisi lokasi yang sejuk dan padang pasir putih yang luas berada di tepi sungai.

Lokasi

Terletak di Desa Purba Baringin, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 13 km dari Simpang Empat (Sippang Opat) Kecamatan Pakkat yang merupakan ibukota kecamatan.

 

14. Air Terjun Ponot - Asahan

Air Terjun Ponot memiliki ketinggian lebih kurang 250 m.  Air terjun ini berasal dari anak Sungai Asahan, dimana air Sungai Asahan ini mengalir menuju Selat Malaka melahirkan Air Terjun Sigura-gura dan Air Terjun Tangga terkadang disebut juga sebagai Air Terjun Sampuran Siharimo yang membangkitkan arus listrik.

Lokasi

Terletak di Desa Tangga dekat Porsea Paritohan Kecamatan Pintu Pohan MerantiKecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Untuk mencapai lokasi ini kita mesti menuju ke arah bendungan sigura-gura (tapi tidak sampai ke bendungan) tak jarang tempat ini menjadi incaran para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dan menikmati alam dan udara yang sangat segar karena daerah ini masih terjaga kelestarian hutannya.

 

15. Air Terjun Rawe

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

Lokasi

Ambengan, Sukasada, Indonesia

Peta dan Koordinat GPS: 8° 12' 5.20" S  115° 8' 19.29" E 

 

 16. Air Terjun Saringgana - Langkat

Air Terjun Saringgana belum banyak diketahui oleh orang sehingga masih alami.  Hal ini letaknya yang susah dijangkau dan kurang strategis.

Lokasi

Terletak di Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Kondisi jalan menuju kesana mendaki tajam sehingga tidak dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat.  Selain itu belum diaspal sehingga bila musim hujan kondisinya berlumpur.

 

17. Air Terjun Siais - Tapanuli Selatan

Terletak di pinggir danau Siais

Lokasi

Ambengan, Sukasada, Indonesia

Peta dan Koordinat GPS: 8° 12' 5.20" S  115° 8' 19.29" E 

Aksesbilitas

Berjarak Kecamatan Siais yang berjarak sekira 40 kilometer dari Kota Padangsidimpuan. atau tempu 2 jam perjalanan dari Padang Sidempuan.

 

18. Air Terjun Simangande - Samosir

Air Terjun Simangande memiliki panjang 500 meter dan berasal dari mata air di Barisan Bukit Dolok Simangande.  Airnya akan sangat deras jika memasuki musim hujan, tetapi akan berkurang pada musim kemarau. Air terjun ini berada di dekat pertigaan antara Ambarita dan Tuktuk

Lokasi

Terletak di Desa Garoga, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Untuk menuju kesana sangat sulit belum ada jalan akses sehingga perlu trekking selama 1 jam lebih.

 

19. Air Terjun Simonang-monang - Asahan

Lokasi

Terletak di perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak ± 50 km sebelah Baratdaya kota Kisaran, atau lebih kurang ± 1,5 jam ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor.  Tidak ada kendaraan umum untuk menuju kesana dengan kondisi jalan becek dan berlubang.  Juga minimnya rambu penunjuk jalan.

 

20. Air Terjun Sipiso Piso - Tongging - Karo

Air Terjun Sipiso Piso berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara dengan ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.  Ketinggian air terjun ini berkisar 120 meter sehingga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Lokasi

Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara.  Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Sedangkan jarak air terjun ini dari Kota Brastagi sejauh 35 km atau  hanya memerlukan sekitar 45 menit dari Kota Medan.

Peta dan Koordinat GPS: 2° 54' 38.30" N  98° 32' 0.76" E

Aksesbilitas

Untuk menuju air terjun ini dari Brastagi, arahkan perjalanan ke Parapat. Tak jauh setelah melewati Kota Kabanjahe, perhatikan jalan dengan teliti dan temukan tanda untuk menuju air terjun ini. Setelah berbelok ke kiri, ikuti jalan ini hingga menemukan sebuah danau besar yaitu Danau Toba. Di danau ini pengunjung bisa singgah sebelum meniti jajaran anak tangga yang melintasi lereng perbukitan di tepi Danau Toba. Ini yang merupakan satu-satunya jalan aman bagi wisatawan.

Fasilitas dan Akomodasi

Penginapan dapat ditemukan  di Desa Tongging atau di Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Selain itu, bila  ingin mencari kenang-kenangan atau suvenir

berbagai penjaja suvenir khas Tanah Karo di kawasan wisata ini.

 

BACA SELANJUTNYA Wisata Air Terjun Sumatera Utara [Part 4 - end]

 

SUMBER

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah