Wisata Air Terjun Sumatera Utara [Part 4 - end]

Posted 22-10-2012 13:56  » Team Tobatabo

21. Air Terjun Slabat Tujuh Tingkat - Asahan

Lokasi

Terletak di kawasan hutan lindung, tepatnya di Desa Huta Bagasan, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

 

22. Air Terjun Taman Eden - Lumban Rang - Toba Samosir

Air Terjun Taman Eden berada dalam lokasi Taman Eden 100 sebuah Agro Wisata Rohani.  Di lokasi ini ada tiga buah air terjun, yaituAir Terjun 2 tingkat (500 m dari posko), Air Terjun Gua Kelelawar ( 5 km dari posko), dan Air Terjun 7 tingkat (11 km dari posko) dan semuanya ini menjanjikan kesejukan yang alami dan sangat eksotis.

Lokasi

Ambengan, Sukasada, Indonesia

Peta dan Koordinat GPS: 8° 12' 5.20" S  115° 8' 19.29" E 

 

23. Air Terjun Tarak Niongga - Simalungun

Air Terjun Tarak Niongga memiliki ketinggian kurang lebih 50 m.

Lokasi

Terletak di Nagori (desa) Dalig Raya  tepatnya di Huta Kariahan Dolok

Aksesbilitas

Berjarak 45 Km dari Pematang Siantar atau 16 Km dari kantor Camat Raya.

Fasiltas dan Akomodasi

Fasilitas yang ada sangat minim hanya ada jalan setapak menuju air terjun.

 

24. Air Terjun Tarunggang

Lokasi

Terletak di Desa Tiga Juhar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

Jarak tempuh kelokasi ini dari Medan sekitar lebih kurang 1.5 - 2 jam melalui Simpang amplas-Patumbak-talun kenas-tiga juhar dengan menggunakan sepeda motor,, dan dilanjutkan dengan jalan setapak sekitar 15 menit.

Peta dan Koordinat GPS: 8° 12' 5.20" S  115° 8' 19.29" E 

 

25. Air Terjun Turunan (Kembar) - Simalungun

Dijuluki Air Terjun Kembar karena dua aliran sungai (sungai Balah dan sungai Turunan) jatuh pada tempat yang sama.  Jembatan Muntik yang merupakan peninggalan zaman Belanda tepat berada diatas air terjun tersebut.  Jembatan ini menghubungkan Nagori Turunan dangan Bayu Bagasan.

Lokasi

Terletak di Nagori (desa) Bayu Bagasan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak 29 km dari Pematang Siantar.

 

26. Air Terjun Unong Sisapa - Asahan

Lokasi

Terletak di Desa Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak ± 60 km ke sebelah baratdaya kota Kisaran dan dapat ditempuh ± 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor sampai ke Dusun Aek Silabat.

 

27. Sampuran Efrata - Samosir

Sampuran Efrata memiliki ketinggian 26 m dan lebar 10 m  dengan sumber airnya berasal dari perut pegunungan Bukit Barisan.

Lokasi

Terletak di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 3 km dari ibukota kecamatan.

 

28. Sampuran Putih

Sampuran Putih atau Air Terjun Putih adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 3 m.  Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dimana hanya satu tingkatan saja yang dapat terlihat, sisanya tertutup oleh bebatuan.

Lokasi dan jalur perjalanan ke air terjun ini masih sangat asri dan sejuk karena masih terdapat banyak hutan disekitarnya.

Lokasi

Terletak di Desa Cinta Rakyat/Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak tempuh kelokasi ini dari Medan sekitar lebih kurang 2 jam via Patumbak atau via Bandar Baru, atau 45 menit dari kecamatan Sibolangit.  Dapat ditempuh dengan berkendara probadi atau umum baik mobil atau motor dengan melewati kurang lebih 3 desa denga kondisi jalan menuju kesana sudah cukup baik.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum naik angkutan dari Simpang Bukum, Bandar Baru ke jurusan Desa Suka Maju dengan waktu kurang lebih setengah jam. Setelah tiba di Desa Cinta Rakyat akan ditenui plang tanda masuk ke lokasi obyek air terjun.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di bibir jurang di tepi Sungai Lau Seruway menelusuri hutan dan perkebunan kurang lebih 300 m hingga tiba di pintu masuk.

Fasilitas dan Akomodasi

Tak jauh dari lokasi air terjun tersedia pondok untuk beristirahat dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp 150 ribu per malam.

 

29. Sampuran Siarimo - Mandailing Natal

Lokasi

Terletak di Desa Gunung Tua, Kecamatan, Kabupaten Mandailing Natal, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak tempuh sekitar 4 jam dari Gunung Tua ke arah timur.  Gunung tua itu sendiri berjarak 4 km dari Panyambungan.

 

30. Sampuran Sikulikap - Karo

Air Terjun Sikulikap mempunyai ketinggian jatuh 30 m. Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser.yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo.

Di sekeliling air terjun adalah hutan tropis lebat, dengan tonjolan dinding-dinding cadas pada beberapa tempat. Dan disekitarnya terlihat tebing batu yang tegak lurus. Sejumlah pemanjat tebing sering memanfaatkan batu cadas di samping air terjun.

Lokasi

Terletak di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak ± 11 km dari Kota Brastagi ke arah kota Medan atau dapat ditempuh selama 1/2 jam. Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum.  Sesampainya di gerbang perbatasan kabupaten Tanah Karo- Deli Serdang terdapat pintu masuk ke lokasi. Kendaraan dapat diparkir di tepi jalan dekat pintu masuk ini dan perjalanan selanjutnya diteruskan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga (jalan setapak) sejauh kurang lebih  800 m.

 

31. Sampuran Silak-lak - Tapanuli Tengah

Sampuran Silak-lak memiliki ketinggian terjunan air ± 50 m.

Lokasi

Terletak di Desa Unte Mungkur II, Kecamaan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak tempuh sekiar 2 jam denan berkendara mobil dari Sibolga, setelah itu berjalan kaki menanjak sekitar 2 km hingga ke lokasi.

 

32. Sampuran Sipulak - Humbang Hasundutan

Air Terjun Sipulak atau Sampuran Sipulak memiliki ketinggian sekitar 70 m, debit air 5 meter kubik per detik dan lebar air terjun 3 meter.  Air terjun ini berasal dari aliran Sungai Sipulak yang berhulu ke Gunung Pinapan.

Kawasan air terjun ini berada Ngarai Sipulak atau Lembah Sipulak dan kondisinya masih alami dan belum dikembangkan menjadi obyek wisata.

Air Terjun dengan ketinggian jatuh tertinggi adalah Aek Sipang dengan ketinggian 125 meter,Sipultak 75 meter,Sisira 75 meter,Simarhilang 50 meter,dll.Keempat air terjun ini berada di satu desa yakni desa Sijarango (Janjimatogu) kecamatan Pakkat.

Lokasi

Terletak di selatan kota Pakkat, tepatnya di Desa Pakkat Hauagong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara.

 

33. Sampuran Widuri - Serdang Bedagai

Air Terjun Sampuran Widuri memiliki ketinggain terjunan air sekitar 24 m.  Selain Sampuran Widuri masih ada 2 air terjun lainnya dilokasi tersebut, hanya saja ketinggiannya lebih rendah dari Sampuran Widuri. Jarak antara air terjun saling berdekatan dan jalan menuju ke setiap lokasi ditata dengan rapi.

Lokasi

Terletak di Dusun III, Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Berjarak 100 km dari Medan dan 48 km dari Sei Rampah sekitar satu kilometer dari jalan pintas Sumatera menuju Pematang Siantar.  Untuk mencapai lokasi air terjun ini harus menuruni anak tangga yang berkelok-kelok dengan jumlah mencapai ratusan.

Fasilitas dan Akomodasi

Obyek Wisata ini masih minim fasilitas, seperti sarana pemondokan dan kamar mandi.

------------------

Itulah semua kumpulan wisata air terjun yang ada di sumatera utara, kalau ada yang mau nambahin atau koreksi langsung aja komen dibawah ya.. :)

 

SUMBER

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI