Cari

Di Sumatera Utara dan Medan mau Ngapain ??

Posted 01-11-2012 17:09  » Team Tobatabo

Setelah menulis di Surabaya ngapain aja , koq yahh saya jadi merasa tidak adil , tidak menuliskan hal-hal menarik yang ada dimedan. Seperti biasa kota tempat kita tinggal seringkali kurang menarik , karena kita sdh terbiasa tinggal disana. Rumput tetangga selalu kelihatan menarik dibanding rumput sendiri kan ?? 

Saya tinggal di medan hampir 28 tahun { itung sendiri betapa tuanya skr hihi }, dan selama itu mungkin satu-satunya tempat tujuan wisata yang membuat saya terus jatuh cinta dan merindunya hanya Tongging J. Really love this place. Cantik banget dengan bukit-bukit angkuh berwarna hijau kecoklatan, lalu air bening danau toba yang saya curiga airnya berasal dari EVIAN, kerambah peternak ikan mas, nila , desa kecil yang dulunya begitu sepi tapi 2 bulan kemaren dipenuhi oleh wisatawan local , lalu beberapa hotel kecil bermunculan disini. Dari dulupun sebenarnya ada beberapa hotel kecil di dekat dermaga kecil dgn kondisi yang ala kadarnya tetapi layaklah untuk ditinggalin. 
 
Ok…stop tentang tongging hihi. Kita akan membicarakan seandainya datang kemedan apa saja yang bisa kita datangi plus nikmati selain kulinernya yang nyam….nyam..bikin ketagihan. Percaya gak setiap kali saya pulang ke medan, puluhan pesanan makanan yang dititip utk dibawa pulang ke sby. Begitu terkenalnya kuliner di medan. 
 
HOTEL
Begitu tiba di medan, ada banyak hotel dari kelas backpacker sampai five star { eh ada gak sih hihi }. Hotel backpacker bisa didapati didaerah istana maimum dan Mesjid Raya. Masukin saja gang-gang kecil di daerah itu dan…..pilih salah satunya.
 
1. Hotel Patra Jasa di Parapat, hotelnya cukup bagus dan menghadap langsung Danau Toba tarifnya k.l. Rp 260.000,- 
2. Carolina Cottage di Tuk Tuk Samosir, sebuah Cottage yang cukup indah dengan tarif yang murah hanya k.l. Rp 253.000,- (Famill Room) 
3. Hotel Ompu Tantri di Balige dengan tarif k.l. Rp 200.000,-
4. Guest House Humanis di Parapat dengan tarif k.l. Rp 95.000,-5. Hotel UKM dekat Masjid Raya Medan dengan tarif k.l. Rp 175.000,- (AC)

loading...


 
TEMPAT MAKAN
Tempat makan di medan banyaknya minta ampun. Kuliner emang naik daun. Pak Bondan dan para tukang makan lainnya di Tipi memang menyulap manusia-manusia tukang jalan untuk ikut-ikutan berwisata kuliner. Beberapa yang saya ingat dan selalu saya datangi tapi beberapa udah lupa huhuhu…maaf
 
01.  soto sinar pagi……..trust me soto ini menyihirrrrrrrrrrrrr sangking enaknya
02.  mie sop polonia + ayam gorengnya . warungnya di atas parit busuk tapi rasanya enak banget hihiih. Duhhhh nulis ini aja pake nelen air liur sangking pengennya
03.  nasi goreng komdak, nasi goreng Surya, nasi goreng di belakang hotel novotel
04.  tempat makan di selat panjang, ada macam-macam makanan disini
05.  sop sumsum….paling suka warung aceh depan asrama haji. Makannya pake sedotan, slurufffffff………enaknya
06.  mie aceh…yummy…..
07.  buat yang suka makan babi, ada banyak babi panggang yang bisa dicoba tapi jgn ditanya saya yaa rasanya , karena gak pernah makan hihiih.
08.  lontong untuk sarapan pagi di depan SMA 1
 
WISATA
Jujur…kalo ditanya tempat wisata di medan, emmmmm celingak-celinguk, bingung soalnya hihih. Tapi dari yang celingak celinguk itu ada beberapa tempat yang bagus dan bisa jadi objek wisata koq .
 
01.  wisata kota tua di daerah kesawan. Ada MANSION Tjong A FIE , Gedung Lonsum, deretan gedung-gedung tua lainnya 
02.  taman Buaya. Ihhhhhh ini dekat banget ama rumah saya. Percaya gak sekitar tahun 2006 ada 1 ekor buaya yang lepas dan nongkrong di teras rumah saya. Sampai pawang buaya itu datang menjemput buaya nyasar itu. Skr sih bangunannya udah bagusan. Datang kesini bawa masker ya karena bau bangkai 
03.  Istana Maimun dan Mesjid Raya 
04.  mall to mall, hanya satu mall yang saya recommend , SUN PLAZA
05.  pasar to pasar. Pasar disebut pajak dimedan . ada beberapa pajak , seperti pajak petisah, pajak ramai yang banyak menjual barang-barang dari hongkong , Malaysia atau Negara-negara tetangga lainnya
06.  merdeka walk untuk tempat nongkrong di malam hari
07.  kleteng tua 
 
WISATA LUAR KOTA
 
Nahh saya lebih gampang untuk menyebutkan satu persatu tempat wisata di luar kota medan. Tapi untuk ketempat-tempat ini lumayan jauh plus menguras tenaga hihi.
 
01.  tentu dimulai dengan DANAU TOBA. Danau terbesar di Indonesia ini emang cantik kalo minus sampah hehe. Disana juga kita bisa menyaksikan batu gantung dan beberapa spot wisata lainnya. Setiap tahunnya ada even tahunan yang di sebut PESTA DANAU TOBA. Acara ini biasanya dipenuhi oleh tari-tarian .
02.  masih di danau toba, kita bisa menggunakan ferry utk menyebrang ke pulau samosir. Pulau kecil yang menyimpan banyak sekali tempat menarik seperti makam raja sidabutar-butar.
03.  rumah proklamator Pak SOekarno. Kalo dulu sih ditutup tapi gosipnya skr sdh dibuka untuk umum. Rumah tinggal yang terletak di atas bukit ini cukup nyaman dan menarik utk disambangin J.
04.  tongging….ohhhhh I really love this place. 3 jam dari medan tapi gak bakalan nyesel deh datang kesini. Cobain juga makan siang di pinggir danau dan rasakan sambal tuk-tuk yang enakkkkkkk banget. Jalanan yang meliuk-liuk dgn bukit-bukit tinggi berwarna hijau saya jamin bisa menghilangkan semua kegalauan. Jangan lupa bawa pancing dan kamera yaaa
05.  berastagi, tahura dan pasar buah berastagi tapi skip aja gundaling { jorok dan gak menarik lagi }, mending jalan-jalan di sekitar berastagi aja sambil motret petani buah atau sayur. Kalau ditanya ada apa aja di berastagi, saya langsung terbayang jeruk dan pasarnya hihi. Berastagi adalah daerah yang tinggi dan berhawa dingin. Tempat yang asik untuk bermalas-malas seharusnya. Sayangnya sdh terlalu ramai, jadi gak begitu menarik lagi. Tetapi kalau sdh di sini jangan lewatkan untuk singgah di pasar buahnya. Bermacam-macam buah, bunga dijual disini. Saya rasa ibu-ibu paling senang deh ke berastagi Karena bisa belanja bunga yang cantik-cantik.oya kalau di pasar buahnya pastikan menawar karena harganya bisa lebih mahal dari di toko buah.
06.  air terjun sipiso-piso di daerah tongging. Siapkan tenaga, sepatu kets dan nikmatin air terjun yang tinggiiiiiiii banget ini, 120 M sodara-sodara . untuk para penyuka foto , datanglah pagi hari, karena terkadang kalau sdh terlalu siang, sipiso-piso akan tertutup bayangan . oya karena cipratan2 air terkadang kita bisa mendapatkan warna warni pelangi yang muncul karena sinar matahari yang pas mengenai cipratan air tersebut.
07.  rumah bolon purba
08.  panatapan di tele { jalannya bikin jantung kedut-kedut tapi pemandangannya bikin mata nyesel kalo berkedip }. 
09.  rumah adat di sialagan kampong Ambarita samosir.ini adalah  tempat penjahat di penggal dan dimakan dagingnya { jaman dulu pastinya }. Ceritanya tentu mengerikan. Ada banyak batu di tempat ini menyerupai kursi. Zaman dulu wilayah kekuasaan raja Siallagan ini menjadi momok buat musuh2 yang mereka tangkap. Nyiksanya ngeri banget soalnya. Setiap musuh akan dipasung dan dipancung di kursi2 batu itu. Sebelumnya para musuh bakalan di siksa dengan cara disayat sambil ditetesin air jeruk nipis { astafirulloh }, lalu perutnya dibelah dan seluruh isinya dibagi2in ke penduduk untuk DISANTAP !!. setelah itu dipancung , kepala dan badannya di cincang , lalu dimasak dgn daging kerbau untuk dimakan oleh raja dan darahnya dijadikan pencuci mulut !!. Ya ALLAH ngeri banget yaaaa raja itu. Untung udah gak ada lagi.
10.  taman simalem . tempat yang dimiliki oleh pengusaha dari Singapore ini merupakan resort, camping ground dengan kebun-kebun kecil plus coffee shop dengan view langsung menghadap danau toba. Dari bukit inilah saya rasa danau toba bener-bener sangat cantik dipandang mata. 
11.  Bukit lawang dan Bahorok. Tahun lalu saya datang ke tempat ini masih tersisa bekas-bekas banjir bandang tahun 2005 { kalo gak salah }, tapi yah sudah lumayanlah, cuman kalo datang kesini gak niat untuk liat orang utan mending skip aja ya. Buang2 energi soalnya, karena jalananya rusak parah, gak tau kalo sekarang. Kalo mau liat orang utan , nah….worth it lah untuk di kunjungi
12.  sibolga. Ada beberapa pantai bagus disini. Kalo nekat setelah tiba di sibolga silahkan melanjutkan perjalanan ke nias J. Ada resort yang juga ok di sibolga tapi saya lupa namanya huhuhu. 8 jam dari medan . salah satu pantai yang bagus itu kalo gak salah namanya PONCAN. Dari dermaga di sibolga kita mesti naik kapal ke resort yang ada di pulau poncan ini. 
13.  tangkahan. Terus terang belon pernah kesini. Tapi udah baca reviewnya dari banyak majalan. Tempat yang menarik utk trekking . ada gajah segala. Emmmm ecowisata yg cukup membuat adrenalin juga nih.
14.  ada beberapa pantai di sumut, tapi saya gak rekomendasikan yaa…..
 
OLEH-OLEH
 
Belanja oleh-oleh dimedan gak susah . Disemua tempat bisa ditemukan tempat makan yang enak, apalagi untuk oleh-oleh yak an ?. tinggal siapkan aja duit yang banyak apalagi untuk biaya bagasi yang pasti over hihihi.
 
01.  BOLU MERANTI……yah siapa sih yang gak tau bolu ini 
02.  BIKA AMBON, sama deh, siapa sih yang gak tau kalo bika ambon itu bukan dari ambon tapi dari medan hihihi. ZUlaikha masih the best ya kayaknya, wong pas lebaran kemaren antrinya panjang benerrrrr…..
03.  TOKO SUMATRA dekat SMA 1 medan. Disini bisa beli macem-macem oleh2. dari teri medan sampe entahlah apa2 lagi. Banyak banget.
04.  manisan jambu di Gg. Pasir . saya suka manisan jambu di brastagi fruits
05.  Ikan Teri Medan. 
06.  bumbu pecal di depan SMA 1 [warugn yang jual lontong itu loh }
07.  DURIAN…..hayoooooooo siapa yang gak tau durian medan ??
08.  ulos….cari di kabanjahe aja atau di parapet
09.  kain atau mukena, cari di pajak ikan
10.  kopi sidikalang
11.  sepatu VNC hihi………semua perempuan tau kan betapa sepatu ini membius .
 
yah itu beberapa yang saya ingat dan menarik kalo datang ke medan . Selebihanya mungkin di cari lewat om google aja ya . oya ini juga beberapa hotel yang mungkin bisa ditinggalin jika ke medan . jangan lupa coba naik becak motor yang bising itu sebagai pengalaman kalo kemedan. Btw….medan itu sedikit panas walo sekarang ujan melulu tapi orang-orangnya cukup ramah dan bersahabat. Jadi datang donggggggg…….
 
1. Hotel Patra Jasa di Parapat, hotelnya cukup bagus dan menghadap langsung Danau Toba tarifnya k.l. Rp 260.000,- 
2. Carolina Cottage di Tuk Tuk Samosir, sebuah Cottage yang cukup indah dengan tarif yang murah hanya k.l. Rp 253.000,- (Famill Room) 
3. Hotel Ompu Tantri di Balige dengan tarif k.l. Rp 200.000,-
4. Guest House Humanis di Parapat dengan tarif k.l. Rp 95.000,-5. Hotel UKM dekat Masjid Raya Medan dengan tarif k.l. Rp 175.000,- (AC)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah