Aek Sipaulakhosa Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Posted 23-11-2012 18:13  » Team Tobatabo

Silalahi, Sumut  – Objek wisata “Aek Sipaulakhosa” di Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, kian ramai dikunjungi wisatawan dan terlebih saat liburan.

Objek wisata itu merupakan lokasi pandang Danau Toba nampak sangat indah dari kawasan tersebut.

“Setiap liburan akhir pekan, objek wisata berlokasi di sisi kanan tikungan jalan yang berjarak sekitar 128 kilometer dari kota Medan itu selalu dipadati pengunjung,” kata Dompak Sihaloho (35), warga desa di Silalahi, Minggu.

“Aek Sipaulakhosa”, kata dia, dalam bahasa Batak artinya air pelepas dahaga dan banyak yang meyakini jika ‘marpangir’ (mandi dengan jeruk purut) di mata air tersebut, akan mendapat rezeki dan kesehatan, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk sekedar mandi maupun berziarah ke objek wisata dimaksud.

Konon, Air yang terdapat tepat di perbukitan gunung itu terjadi akibat permohonan/permintaan Raja Silahisabungan kepada ‘Debata Mulajadi Nabolon’ (Tuhan Maha Pencipta), karena istrinya Pinggan Matio boru Padangbatanghari merasa letih seakan kehabisan tenaga, saat melakukan perjalanan bersama sang Raja.

Dompak menyebutkan, banyak wisatawan yang berkunjung meyakini air tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit, dan orang yang mandi di sana, dipercaya bisa tetap awet muda sehingga tidak jarang peziarah mengambil airnya untuk diminum dan dibawa pulang ke rumahnya masing-masing.

“Sumber mata air jernih dan dingin dari pegunungan itu tidak pernah berhenti mengalir,” ujarnya.

SUMBER

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI