Keajaiban Alam Danau Toba part 3

Posted 23-11-2012 18:21  » Team Tobatabo

Air Terjun Sipiso-piso

Di sisi barat daya Toba, terdapat sebuah air terjun spektakuler yang oleh warga setempat disebut Sipiso-piso. Berada di sebuah lereng, 24 kilometer dari Kabanjahe, air terjun ini memang istimewa. Selain kondisi air terjunnya yang tergolong tinggi, mencapai sekitar 120 meter, kawasan ini juga menyuguhkan panorama alam yang menawan dan mengarah langsung ke Danau Toba. Deru air yang jatuh menciptakan suara gemuruh dan kadang menciptakan pelangi kecil di dasar air terjun. Dengan tingginya yang demikian, air terjun ini masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia.

Untuk bisa menikmati suasana air terjun Sipiso-piso, wisatawan rasanya tak perlu harus mencapai dasar air terjun mengingat kondisi jalannya yang curam dan jaraknya yang relatif jauh. wisatawan cukup menuju pos pengamatan yang telah disediakan oleh pengelola.

 

Ragam Suvenir Unik

Tradisi leluhur Batak yang masih mengakar pada masyarakat yang menghuni kawasan Toba menghasilkan sejumlah karya yang unik dan menjadi suvenir unik bagi wisatawan. Untuk menemukan hal itu cukup mudah. Beberapa diantaranya bahkan sangat terjangkau dalam daftar belanja.

Salah satunya adalah kain tenun khas Batak, yaituulos. Disamping sebagai busana, kain ini telah memiliki peranan penting dan bahkan salah satu perangkat wajib warga Batak dalam penyelenggaraan upacara atau perayaan tertentu sejak dulu. Ulos dibuat dengan alat tenun tradisional dan didominasi oleh warna hitam merah dan putih.

Ulos sebenarnya memiliki beragam jenis. Tapi kini, tidak semua jenis dibuat oleh para perajin. Beberapa jenis yang masih banyak dibuat adalah sadumragi dup, dan ragi bolean. Sementara ulos rajaulos ragi botik, dan beberapa lainnya sudah jarang dibuat karena dianggap kurang diminati lagi.

Ulos yang dijual sebagai souvenir pun kini telah bertransformasi. Artinya produk tersebut bukan lagi hanya berbentuk kain atau selendang, tapi telah dibuat dalam beragam bentuk, seperti sarung bantal, dompet dan taplak meja dan bentuk lainnya.

Untuk mendapatkan ulos ini pun sangat mudah karena banyak ditawarkan oleh art shop atau toko suvenir di pasar Tomok, Samosir atau di sejumlah obyek wisata. Soal harganya pun cukup bervariasi, dari puluhan ribu hingga jutaan Rupiah.

Batak juga dikenal akan hasil kerajinan atau ukiran kayu. Hal itu bisa nampak pada ukiran-ukiran pada sejumlah elemen pada rumah tradisional. Kini, kreasi ukiran Batak juga bisa ditemukan pada sejumlah suvenir dalam berbagai bentuk, mulai dari miniatur rumah Batak, patung, hiasan dinding, tongkat berukir, hingga gantungan kunci.

Gantungan kunci mungkin salah satu suvenir yang banyak diminati. Selain harganya yang cukup terjangkau, produk itu pun dapat dibuat secara khusus dengan membubuhkan nama sang pembeli atau orang lain. Untuk mendapatkannya, pembeli pun tidak perlu menunggu lama.

“Prosesnya cepat, tak lebih dari 15 menit,” jelas Rony Simbolon, pengukir sekaligus pemilik Marysca Artshop di Tuktuk Siadong.

Toba memang menyimpan segudang keunikan alam beserta kebudayaan warganya yang tiada banding sehingga tak berlebihan bila tempat ini disebut “heave on Earth”. Maka bagi siapapun yang belum menginjakkan dan menyaksikan sendiri keajaiban alam Toba, pastikan untuk memasukkan destinasi ini dalam liburan anda berikutnya.

***


Mencapai Danau Toba

Parapat dan Samosir adalah dua lokasi utama wisata di kawasan Danau Toba. Untuk mencapainya, anda dapat menggunakan kendaraan dari Medan menuju Parapat, dengan melalui kota Tebing Tinggi dan Pematang Siantar.

Bila ingin bermalam di Samosir, anda harus melanjutkan perjalanan dengan feri ke Tomok, Samosir, dengan durasi 45 menit. Ada 2 jenis feri yang melayani penyeberang ini,  yakni feri penumpang (tarif Rp 7.000/orang)dan untuk kendaraan/mobil(Rp 95.000 untuk mini bus).

Sementara, bila ingin menikmati suasana Toba di sisi barat daya (Tongging atau Taman Simalem Resort), dari Medan anda bisa memilih rute dengan melalui Berastagi dan Kabanjahe, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

 

Info penerbangan BATAVIA AIR

BATAVIA AIR melayani penerbangan langsung ke Medan, dari Jakarta atau kota-kota lainnya di Indonesia setiap harinya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi www.batavia-air.com atau menghubungi bagian call center BATAVIA AIR (Tel: 0804 1 222 888 atau (021) 38 999 888)

***

Teks & foto: Adi Supriyatna

SUMBER

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI