XTrim Sumatera eXpedition Ajang Tepat Mempromosikan Pariwisata Sumut

Posted 27-11-2012 12:57  » Team Tobatabo

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho mengatakan, kegiatan XTrim Sumatera eXpedition (XSX)-II tahun 2012 merupakan ajang yang sangat tepat untuk mempromosikan pariwisata daerah itu di tingkat nasional maupun internasional.

“Sepanjang rute yang dilewati tentunya peserta akan melihat bagimana indahnya potensi pariwisata di Sumut. Kegiatan ini tentunya sangat bernilai positif, untuk itu harus dijadikan kalender tahunan,” katanya di Medan, Sabtu, saat menutup XTrim Sumatera eXpedition-II.

Gubernur mengatakan, ke depan kegiatan tersebut hendaknya dapat dikemas lebih profesional dengan menggandeng berbagai pihak seperti Dinas Pariwisata, sehingga bukan hanya dapat ditingkatkan menjadi skala nasional namun juga internasional.

Apalagi kegiatan tersebut juga lebih mengedepankan kebersamaan dan kekeluargaan selama melintasi rute-rute yang dijalani, sehingga dapat menjadi modal untuk membangun Sumatera Utara yang memang kaya dengan keberagaman budaya.

Ia juga menyatakan apresiasinya kepada XTrim Indonesia dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut yang telah menggelar acara tersebut dalam dua tahun terakhir. Dengan banyaknya peserta yang ikut serta membuktikan kegiatan tersebut sangat diminati masyarakat terutama generasi muda.

Selain sebagai ajang promosi pariwisata Sumut, kegiatan tersebut juga sangat memiliki nilai positif karena dapat menggandeng generasi muda yang memiliki hobi berkendaraan di alam liar, apalagi kegiatan juga digandeng dengan berbagai kegiatan sosial.

“Ini juga dapat menjadi ajang penyaluran bakat bagi generasi muda dari kegiatan-kegiatan negatif seperti balap-balap liar di jalan raya. Untuk itu sudah sepantasnya kita memberikan apresiasi sepenuhnya kepada panitia yang telah menggelar acara ini,” katanya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara Gus Irawan mengatakan, pihaknya sangat menyambut kegiatan tersebut karena selain semakin menggalakkan olah raga di kalangan pemuda khususnya di bidang otomotig, juga memberi kontribusi bagi pariwisata Sumut.

“Karena peserta yang dari luar Sumut tentunya akan menceritakan kepada sahabat dan keluarganya setelah kembali ke daerahnya masing-masing. Ke depan kalau bisa kegiatan seperti ini harus lebih heboh lagi dan lebih mencakup daerah yang lebih luas,” katanya.

Sementara Ketua Umum XTrim Indonesia Musa Idishah (Doddy) mengatakan, pihaknya sangat antusias menggelar kegiatan tersebut karena minat peserta yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya, dimana peserta mencapai 500 orang.

Kegiatan yang diselenggarakan 18-19 Mei 2012 itu merupakan kelanjutan seri I tahun lalu dan menjadi kalender kegiatan olahraga tahunan untuk menggalakkan industri pariwisata Sumut.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu melintasi hutan-hutan dan jalanan di lima kabupaten/kota di Sumut, sebagai bentuk komitmen XTrim Indonesia dalam partisipasinya menggalakkan dunia otomotif sekaligus mengembangkan potensi industri pariwisata.

Event itu diikuti bukan hanya diikuti offroader trail dari Sumatera Utara namun juga dari berbagai provinsi lainnya di tanah air, diantaranya dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur.

Juga diikuti peserta dari asal Swiss, Christoph Soland dan aktor film Bucek Depp, offroader perempuan Nita Boediarti asal Bandung, serta Devi dari Jatim.

“Even ini bukan bersipat balapan, namun hanya bersifat petualangan dan wisata,” katanya.

Sumber ANTARA sumut

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI