Obyek Wisata “Sipinsur” Ramai Dikunjungi Saat Liburan

Posted 27-11-2012 12:58  » Team Tobatabo

Objek wisata alam “Sipinsur” di Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbahas, kian ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan karena lokasi pandang Danau Toba nampak sangat indah dari tempat berjarak sekitar 284 kilometer dari kota Medan, Sumatera Utara itu.

“Biasanya setiap liburan akhir pekan, panorama alam berjarak tempuh sekitar 45 menit dari bandara Silangit tersebut selalu dipadati pengunjung,” kata Sihombing, warga desa Sipinsur di Paranginan, Sabtu.

Selain itu, kata dia, objek wisata pandang Danau Toba itu menjadi tempat favorit para photografer dan sangat potensial jika dikelola menjadi tujuan wisata minat khusus dengan pembenahan fasilitas yang perlu dikembangkan.

Sihombing menjelaskan, dari Sipinsur para wisatawan dapat menuruni lereng bukit melalui seribuan anak tangga yang terbuat dari semen, dan disebut sebagai anak tangga terpanjang di Asia Tenggara dan sepanjang sisi jurang dipasangi terali besi, namun pedestrian bagi pejalan kaki tidak disediakan.

“Pihak Pemerintah setempat perlu merawat tempat itu lebih baik, karena pegangan besi yang disediakan di sisi kiri dan kanan tangga banyak yang sudah copot dicuri orang-orang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Simamomora (42), penduduk desa serupa menambahkan, sejumlah infrastruktur di daerah itu perlu dibenahi guna menambah daya tarik bagi para wisatawan dan pihak Pemerintah beserta instansi terkait diharapkan lebih memperhatikan kualitas pengerjaannya, agar tidak terkesan asal jadi, sehingga pengunjung bisa merasa bertambah nyaman menikmati liburannya.

Sebelumnya, Ketua Asosasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution, menyebutkan, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) terus meningkat ke Sumut.

“Tetapi dibandingkan wisman, kunjungan wisnus lebih banyak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno mengatakan, kunjungan wisman pada triwulan I 2012 naik 15,85 persen dari periode yang sama tahun lalu.

“Kalau tahun lalu kunjungan wisman masih 49.929 orang, pada periode tahun ini mencapai 57.842 orang,” ujarnya. 

Sumber ANTARA sumut

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI