RIP, Uskup Sibolga Mgr Ludovicus Manullang OFM Cap Meninggal Dunia

Posted 20-09-2018 14:09  » Team Tobatabo
Foto Caption: Uskup Sibolga Mgr Ludovikus Manullang OFMCap semasa hidup

Sibolga - Uskup Sibolga, Mgr Ludovicus Manullang O.F.M Cap meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Santa Elisabeth Medan, Kamis dini hari (20/9/2018)

Jenazah Mgr Ludovicus diberangkatkan dari Medan pagi dan diperkirakan akan tiba sore hari ini di Sibolga. Jenazah akan disemayamkan di Gereja Katedral St Teresia Liseux Sibolga.

Informasi meninggalnya pastor ini disampaikan oleh Vikaris Episcopalis (Vikep) Pro Religiosis et Clericis Keuskupan Agung Medan Pastor Leo Sipahutar OFMCap dalam akun facebooknya.

"Rest In Peace, telah wafat MGR Ludovikus Manullang OFM Cap, hari Kamis 20 Septembar 2018 jam 03.25 di ruang ICU Rumah Sakit Elisabeth Medan

Setelah jenazahnya diurus, akan dibawa ke dalam kapel dan diikutsertakan dalam misa pagi jam 6.00. Kemudian akan diantar ke Sibolga dengan ambulans".

Pastor Sipahutar menceritakan bahwa Mgr Ludovicus Manullang masuk Rumah Sakit Elisabeth sejak 1 September 2018 karena keluhan sakit pada ginjalnya.

“Tanggal 6 September, saluran empedunya dibersihkan dengan tembak laser. Hasilnya baik. Lalu tanggal 8 September dilakukan operasi empedu sebab di empedu itu ada batu dan sudah bernanah. Hasilnya baik. Tetapi dua hari kemudian mulai sesak dan tensinya tidak stabil. Ternyata jantungnya tak sanggup menahan kondisinya itu,” jelas Pastor Leo

Dijelaskan, obat pengencer darah sudah diberikan agar jantung dapat lebih baik mengasup darah.

“Ternyata hal itu kemudian mengakibatkan pendarahan pada bekas operasi empedu. Kemudian operasi kedua terpaksa dilaksanakan untuk membersihkan darah yang banyak di dalam lambungnya, sekaligus mengatasi pendarahan itu, dan terpaksa dilakukan transfusi darah sebab sudah banyak darah yang habis,” ujarnya.

Sesudah itu, lanjut imam itu, ternyata ada keracunan pada ginjal Mgr Manullang sehingga perlu darahnya dicuci. Tubuhnya makin lemah, sehingga tidak dapat lagi dibawa ke Singapura untuk tindakan lebih mumpuni.

Mgr Ludovicus Manullang OFM Cap terpilih menjadi Uskup di Keuskupan Sibolga pada 14 Maret 2007, kemudian ditahbiskan jadi Uskup pada 20 Mei 2007 di Lapangan Simare-mare, Jalan Sutomo Sibolga.

Mgr. Leopoldo Girelli, Nuncio Apostolik untuk Indonesia yang menjadi Uskup Penahbis Utama. Sedangkan Mgr Martinus Dogma Situmorang, Uskup Padang dan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, Uskup Agung Koajutor Medan menjadi Uskup Konsekrator.

Mgr Ludovicus Simanullang, OFM Cap mengucapkan kaul kekalnya sebagai Anggota Kapusin pada 2 Agustus 1981. Ditahbiskan menjadi Imam pada tanggal 10 Juli 1983.

Ia memulai karyanya di Gereja Santo Hilarius Paroki Tarutung Bolak, Tapanuli Tengah. Kemudian bertugas di Paroki Teluk Dalam Nias pada tahun 1984 hingga 1989.

Pada tahun 1989, ia melanjutkan studinya di Universitas Kepausan Antonianum, Roma hingga tahun 1994.

Sekembalinya ke Indonesia, ia menjadi Magister Postulan Mela, dan juga menjadi moderator Paroki Tarutung Bolak.

Pada tahun 1997, Mgr Ludovikus terpilih menjadi Minister Provinsial di Provinsi Kapusin St. Fidelis, Sibolga untuk periode 1997-2003, dan kembali terpilih untuk kedua kalinya untuk masa bakti 2003–2006, dan kemudian terpilih kembali pada tahun 2006.

Selain di Provinsial Kapusin, ia juga aktif sebagai formator para frater di STFT St. Yohanes Pematang Siantar.

Dikutip dari Tribun Medan
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI