Cari

Pulau Sempu Nan Indah

Posted 30-01-2013 22:36  » Team Tobatabo

Pulau Sempu adalah salah satu dari surga panorama wisata Indonesia. Daya tarik Pulau ini adalah sebuah danau alami yang berada di tengah-tengah pulaunya. Danau ini terbentuk dari ganasnya ombak air laut selatan yang masuk melalui celah tebing pembatas pulau yang berlubang di salah satu sisi pulau. Selain itu, pasir yang terdapat di Pulau Sempu sangatlah bersih dan lembut.

Lokasi Pulau Sempu sendiri berada di Pantai (Tempat Pelelangan Ikan) Sendang Biru Kabupaten Malang (Malang Selatan), Propinsi Jawa Timur. Untuk mencapai Pulau ini dari kota Malang anda disarankan membawa kendaraan pribadi roda empat.Jarak dari kota Malang menuju Pulau Sempu sendiri sekitar 69 km. Saat anda sampai di Pantai Sendang Biru, anda harus menyewa perahu boat yang berbiaya sekitar 150 ribu untuk mencapai Pulau Sempu. Jangan lupa, nanti Ibu penjaga perahu akan memberikan nomor hpnya untuk anda hubungi ketika anda bermaksud hendak pulan, dan minta dijemput di tepi Pantai Pulau Sempu.

loading...

e0fbeefe1460b6ee4cb6e542c58f6186_sempu

7c6153773e8e078b943cb959ddb74109_sempu2

Perjalanan kami mulai dari tengah Ibu Kota, Stasiun Pasar Senen. Apalagi kalau bukan menumpang KA Ekonomi Matarmaja yang menempuh perjalanan kurang lebih 17 jam lamanya untuk menuju Malang. Untuk perjalanan sejauh itu Anda hanya merogoh kocek sebesar Rp 51.000, itu hanya untuk tiket keretanya saja, dari rumah ke Stasiun Ps. Senen, silahkan hitung sendiri biayanya.

Dari pusat kota Malang ke Pulau Sempu, kami harus melintasi daerah perbukitan, menyusuri hutan. Untuk dapat memasuki Pulau Sempu, Anda harus transit terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru untuk mengurus proses administrasi dan melakukan persiapan. Nama memang mencerminkan keadaan sesungguhnya, Pantai Sendang Biru benar-benar memiliki hamparan laut biru yang sungguh eksotis dan tiada duanya. Sungguh mengagumkan.

Anda perlu menggunakan perahu sewaan yang ada di dermaga Sendang Biru untuk mencapai Pulau Sempu, sekitar sepuluh menit dengan biaya Rp 100.000 per perahu maksimal 15 orang untuk perjalanan pulang pergi dari dan menuju Pulau Sempu. Biaya tersebut sudah termasuk guide lokal dan di luar biaya tambahan yang akan dikenakan jika kami melebihi batas waktu sewa perahu.

Kawasan Pulau Sempu adalah sungguh tempat ini luar biasa indah dan masih sangat asri. Setelah lima belas menit pertama melakukan perjalanan berlumpur dan berbatu sebagai jalur tracking. Jalur tracking yang berat untuk orang seawam saya, berlumpur, licin, berbatu, batang pohong yang tumbang, dan akar dan sulur dimana-mana yang justru memudahkan kami mencari pegangan agar tidak jatuh terpeleset.

Di sana ada pula Segara anakan yang sebenarnya adalah sebuah danau air asin yang berada di Pulau Sempu yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan untuk mencapainya hanya dapat ditempuh dengan perjalanan menerobos lebatnya hutan lindung Pulau Sempu.

Sumber:
 http://penulis165.esq-news.com/2012/arti…
 http://infobatumalang.blogspot.com/2011/…

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah