Karimun Jawa, Taman Bawah Laut Jawa

Posted 30-01-2013 22:37  » Team Tobatabo

Karimunjawa mungkin tak sepopuler Bali, Lombok, atau Bunaken. Namun, keindahan alam laut kepulauan ini tak kalah luar biasa. Merupakan salah satu dari 9 Taman Laut Nasional di Indonesia, Karimunjawa terdiri atas 27 pulau. Lima pulau dihuni oleh penduduk, sementara sisanya adalah pulau-pulau perawan tak berpenghuni nan jelita. Terdapat 5 jenis ekosistem di kepulauan ini; terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

Keindahan biota lautnya adalah salah satu alasan utama untuk mengunjungi Karimunjawa. Tak kurang dari 69 marga karang keras dan 353 spesies ikan karang hidup di perairan laut tropisnya. Snorkeling menjadi kegiatan favorit. Menikmati warna-warni terumbu karang, atau menyaksikan tarian ikan-ikan badut yang lucu dan menggemaskan akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Bila ingin lebih lama menghabiskan waktu bercengkerama dengan biota laut, diving menjadi pilihan yang tepat. Di dasar laut di sekitar Pulau Kemujan terbaring Kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955 dan sekarang menjadi tempat hidup berbagai spesies ikan, serta merupakan salah satu lokasi favorit wreck diving. Penyu sisik dan penyu hijau yang langka pun kerap terlihat berenang di perairan Karimunjawa.

9 Fakta Menarik: Karimun Jawa

Karimunjawa adalah surga wisata laut di Pulau Jawa. Kehidupan bawah laut dengan berbagai biotanya yang luar biasa, pantai-pantai berpasir putih nan indah, pulau-pulau kecil mempesona, serta masyarakat yang ramah dan bersahaja menjadi daya pikat taman laut nasional ini. Berikut 9 fakta menarik yang mungkin Anda belum tahu tentang Karimunjawa, The Lost Treasure in Java:

1. Kepulauan Karimunjawa yang terletak 230 km utara Yogyakarta terdiri atas gugusan 27 pulau, 22 di antaranya adalah pulau tak berpenghuni cantik dengan pantai berpasir putih yang menawan.

2. Taman Laut Nasional Karimunjawa adalah salah satu Taman Laut Nasional di Indonesia dengan luas total 111.625 ha. Dari luas itu, 98,6% merupakan wilayah perairan sementara 1,4% wilayah daratan.

3. Karimunjawa memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, antara lain 69 marga karang keras, 353 spesies ikan karang dan 300 hektar hutan mangrove (Nababan, Mangaraja Gunung, dkk. 2010. Status Ekosistem di Taman Nasional Karimunjawa. Wildlife Conservation Society-Indonesia Program)

4. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu dari sedikit tempat untuk menemukan Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Hijau (Chelonia Mydas) dan Elang Laut Perut Putih (Haliaetus leucogaster) yang merupakan hewan yang terancam punah.

5. Terdapat kolam penangkaran ikan hiu di Pulau Tengah dan Pulau Menjangan Besar yang juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Penggemar kegiatan yang memacu adrenaline bisa mencoba kesempatan untuk berenang bersama predator berbahaya ini.

6. Banyak terdapat gosong di perairan Karimunjawa, yaitu daratan pasir yang menyembul di tengah laut atau di tepi pulau yang nampak pada pagi hari dan kemudian menghilang ketika air laut pasang.

7. Fenomena global warming menyebabkan peningkatan suhu air laut hingga 1 derajat Celcius per tahun, mengakibatkan terjadinya coral bleaching dan matinya terumbu karang, termasuk terumbu karang di perairan Karimunjawa.

8. Penduduk Karimunjawa mempergunakan generator sebagai pembangkit tenaga listrik. Keterbatasan sumber tenaga ini menyebabkan listrik hanya menyala dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi.

9. Keindahan Karimunjawa yang begitu mempesona bisa dinikmati oleh siapa saja karena banyaknya tour agent yang menawarkan paket wisata murah (kurang dari Rp 500.000/orang untuk paket 4 hari 3 malam).

Masih banyak fakta-fakta mengagumkan tentang kepulauan indah ini. Kunjungi Karimunjawa dan temukan sendiri hal-hal unik dan menarik yang akan membuat Anda tercengang.

Karimunjawa adalah gugusan kepulauan di Laut Jawa yang menyembunyikan keindahan pulau-pulau tak berpenghuni nan eksotik dengan pantai pasir putih dan biota laut yang beraneka ragam dan mempesona. Secara administratif, kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.
Menuju Karimunjawa

Tips Keliling Karimun Jawa
Dari Yogyakarta, Anda bisa naik travel (door to door minibus) atau bus umum ke Semarang atau Jepara, 2 kota yang memiliki dermaga penyeberangan menuju Karimunjawa.

Jalur Semarang
Semarang dapat dicapai dengan 3-4 jam perjalanan darat menggunakan bus umum (patas dan ekonomi) yang berangkat dengan frekuensi cukup sering dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor. Jasa travel (door to door minibus) yang berangkat 6 kali sehari ataupun mobil sewaan juga dengan senang hati akan mengantar hingga ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Dari Semarang, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas dan menyeberang ke Karimunjawa dengan kapal cepat KMC Kartini. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 3,5 jam.

Bus AC Yogyakarta - Semarang (Rp. 35.000, 3,5 jam). Kapal cepat KMC Kartini (+62 24 7605660) berangkat dari Semarang ke Karimunjawa hari Sabtu pk 9:00 dan Senin pk 07:00; pulang dari Karimunjawa ke Semarang hari Minggu pk 14:00, dan hari Selasa pk 11:00 (Rp. 259.000 / 299.000 pp, 3,5 jam)

Jadwal keberangkatan sewaktu-waktu bisa berubah, sesuai dengan kondisi cuaca. Untuk kepastian jadwal keberangkatan KMC Kartini, hubungi Kantor Dinas Perhubungan Semarang +62 24 7605660

Jalur Jepara

Jepara adalah sebuah kota kecil di pantai utara Jawa Tengah yang berjarak sekitar 191 km dari Yogyakarta. Untuk menuju ke kota yang terkenal dengan kerajinan ukir kayunya yang cantik ini, Anda bisa naik bus menuju Semarang dan dilanjutkan dengan bus jurusan Semarang - Jepara. Alternatif lain adalah menggunakan mobil sewaan dari Jogja, sepeda motor sewaan atau jasa travel (door to door minibus) yang akan mengantar Anda menempuh 5 jam perjalanan menuju Jepara. Penyeberangan dari Pelabuhan Kartini Jepara menggunakan kapal feri KMP Muria memang memakan waktu yang lebih lama, sekitar 6 jam, namun banyak menjadi pilihan karena harga tiketnya lebih ekonomis. Selain itu, jalur ini juga menjadi satu-satunya pilihan ketika kapal cepat KMC Kartini sedang tidak berlayar (docking).

Kartika Travel (+62 274 559595, Jl. P Diponegoro 82 Yogyakarta) melayani rute Yogyakarta - Jepara (Rp. 90.000, 6 jam). Kapal pelan KMP Muria (+62 291 591048) berangkat dari Jepara ke Karimunjawa hari Sabtu, Senin, dan Rabu pk 09:00; pulang dari Karimunjawa ke Jepara hari Minggu dan Selasa pk 08:00 dan hari Kamis pk 09:00 (Rp. 30.500 / 80.000, 6 jam)

Jadwal keberangkatan sewaktu-waktu bisa berubah, sesuai dengan kondisi cuaca. Untuk kepastian jadwal keberangkatan KMP Muria, hubungi Kantor ASDP Jepara +62 291 591048

Berkeliling Karimunjawa

Sewa Perahu Nelayan

Sebagai wilayah kepulauan dengan taburan pulau-pulau cantik dan eksotik, menyewa perahu nelayan adalah cara yang paling efektif untuk islands hopping dan menikmati keindahan pulau-pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni.

Tarif sewa perahu: Rp 300.000 - Rp 500.000 (tergantung ukuran perahu dan pulau-pulau yang ingin didatangi)

Sewa Sepeda Motor

Menyewa sepeda motor sangat efektif bagi Anda yang ingin menjelajahi mainland, Pulau Karimunjawa, dan juga Pulau Kemujan yang hanya dipisahkan oleh selat kecil selebar sekitar 3 meter. Naik sepeda motor melewati jalan-jalan desa, hutan hujan tropis, serta mendaki perbukitan untuk kemudian menjelajah desa-desa nelayan dan menemukan pantai-pantai perawan tersembunyi akan menjadi pengalaman tersendiri yang menarik.

Sewa Sepeda
Mountain Bike menjadi salah satu favorit kendaraan untuk menjelajahi mainland. Namun bila ingin mengayuh sepeda keluar dari desa, Anda harus menyiapkan energi ekstra karena jalanan baik turun khas perbukitan.

Mobil Pick up dan Becak
Lokasi dan kontur geografis Karimunjawa menyebabkan tidak adanya bus ataupun angkot. Mobil pick up dan becak menjadi pilihan sebagai alat transportasi dari pelabuhan menuju ke hotel/homestay dan juga sebaliknya. Beberapa pemilik pick up ini juga dengan senang hati akan mengantar Anda ke sisi lain mainland untuk berburu sunrise.

Sumber:
 https://karimunjawa.yogyes.com/id/

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI