Pesepeda 'Enduro North Sumatera' akan Jajal Trek Kebun Teh Sidamanik dan Berakhir di Samosir Danau Toba

Posted 04-02-2019 13:06  » Team Tobatabo
Foto Caption: dokumentasi Aman Siregar

SIDAMANIK - Sejumlah pecinta sepeda akan ditantang menaklukkan trek-trek menarik dan menantang dalam even Enduro North Sumatra. Balap sepeda enduro adalah balapan yang lebih mengutamakan ketahanan ketimbang kecepatan. Gowes dalam kategori ini akan menempuh jarak yang cukup jauh dengan paduan trek off road.

Ketua panitia pelaksana, Aman Hamonangan Siregar kepada Newscorner.id menyampaikan even ini nantinya akan berlangsung dalam empat seri, dengan lokasi yang berbeda.

Pada seri pertama, Enduro North Sumatra akan dilangsungkan pada 30-31 Maret 2019 di Perkebunan Teh Sidamanik.

“Di rute ini, peserta akan kita ajak bersepeda di antara rerimbunan tanaman di perkebunan teh tertua dan satu satunya di Sumatera Utara”, kata Aman.

Seri pertama ini akan menempuh jarak sekitar 25 kilometer yang terbagi dalam dua SS.

Setelah mengexplore Sidamanik, pada even kedua di Juni 2019, panitia memilihkan lokasi yang lebih menarik lagi, yakni di perbukitan Siosar.

Siosar adalah satu kawasan di puncak pebukitan di Kabupaten Karo, yang kini dikenal sebagai satu destinasi wisata baru. Pada seri ini, ada jarak 27 kilometer dengan rute dominan tanjakan yang harus dihadapi peserta.

Seri berikutnya akan digelar pada, 3 dan 4 Agustus 2019 di Taman Hutan Raya Bukit Barisan. Beda dengan tantangan pada dua seri sebelumnya, di seri ini seluruh balapan akan dilakukan di antara kelebatan pepohonan pinus di kawasan taman hutan raya.

“Nah, yang paling seru tentu di seri terakhir karena mengambil lokasi dengan latar Danau Toba,” tambahnya.

Seri terakhir yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang berlangsung di Pulau Samosir.

Seperti diketahui banyak orang, topografi Samosir terdiri dari perbukitan dengan ketinggian antara 900 hingga hamper 1500 meter dari permukaan laut.

Enduro North Sumatera 2019 ini terbagi dalam enam kelas, masing-masing junior class (16-21 tahun), men open class, men master class A (30-39 tahun), men master class (40-60 tahun), women open class dan hobby class.

Dikutip dari Newscorner.id
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI