Pariwisata Danau Toba di Kecamatan Baktiraja

Posted 27-01-2014 13:41  » Team Tobatabo

HUMBAHAS – Untuk mendukung program pariwisata, tahun 2014 mendatang Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), menargetkan seluruh jalan di kawasan objek wisata Danau Toba, Kecamatan Baktiraja, akan selesai di aspal hotmix. Hal itu ditegaskan Bupati Humbahas Maddin Sihombing baru-baru ini kepada METRO, di Doloksanggul.

“Guna mendukung program pariwisata daerah, ada program perbaikan sarana infrastruktur jalan yang kita targetkan harus tuntas pada tahun 2014. Salah satunya, seluruh jalan di Kecamatan Baktiraja. Karena Kecamatan Baktiraja salah satu andalan pariwisata kita yang berada di pesisir Danau Toba,” ujar Maddin Sihombing.

Dia menyebut, banyaknya objek wisata di Kecamatan Baktiraja, seperti Istana Raja Sisingamangaraja, Aek Sipangolu, Tombak Sulu-sulu dan objek wisata air terjun, membuat pembangunan jalan ke kecamatan itu harus segera dituntaskan.

Untuk itu, Maddin Sihombing berharap, agar pihak Pemkab Tapanuli Utara, juga membangun jalan tembus dari perbatasan Humbang Hasundutan menuju Kecamatan Muara, Taput.

“Kita sudah membangun aspal hotmix dari Bakkara hingga ke perbatasan Taput, tepatnya di Kecamatan Muara. Untuk itu, karena Kecamatan Muara juga menjadi ojbek wisata di Taput, kita harap pemerintah daerah di sana juga membangun jalan tembus hingga ke perbatasan Baktiraja. Karena hal itu sama-sama menguntungkan kedua wilayah,” imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, pembenahan objek wisata panorama Danau Toba dari puncak Sipinsur, Kecamatan Paranginan, juga akan terus dibenahi. “Puncak Sipinsur juga akan terus kita benahi dengan berbagai fasilitas. Jalan ring road dari puncak Panorama Sipinsur tembus ke Bakkara juga sudah kita buka. Tinggal menunggu pengaspalan,” ungkap Maddin.

Sedangkan untuk pembangunan jalan ke Makam Raja Sisingamangaraja XII di Sionom Hudon, Kecamatan Parlilitan, kata Maddin Sihombing, juga direncanakan akan selesai tahun depan. “Jadi, perbaikan jalan sebagai sarana prioritas utama pendukung perekonomian masyarakat dan juga sektor pariwisata, harus kita kejar selesai tahun depan,” tandasnya.

Untuk mendukung semua program tersebut, Maddin Sihombing menambahkan, bahwa pihaknya akan melibatkan semua pihak. “Termasuk para perantau. Jadi, nanti akan ada ciri khas tersendiri di Humbahas terkait icon wisata. Ini yang kita harapkan, termasuk dukungan para perantau,”pungkasnya.

Sumber sumutpos

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI