Kiat Mencari Makan yang Murah

Posted 06-03-2012 11:59  » Team Tobatabo
Oleh Trinity Salah satu hal yang membuat jalan-jalan terasa mahal adalah biaya hidup di tempat tujuan. Tak jarang kita tidak tahu tempat-tempat makan yang murah, apalagi makan di daerah turis yang dekat objek wisata sering lebih mahal daripada di area lain. Mungkinkah mendapatkan makan murah saat jalan-jalan? Silakan coba beberapa ide di bawah ini: Warung/kios Jika Anda melancong di Indonesia, tentu warung tenda, warung semi permanen, maupun warung-warung makan kecil lainnya adalah pilihan yang paling murah. Biasanya kita menyebut warung-warung tersebut warteg alias warung Tegal meskipun tidak semuanya berasal dari Tegal. Di luar negeri, Anda bisa menemukan makanan murah di kios kecil atau gerobak yang menjual makanan tertentu, misalnya burger atau hotdog. Di mana pun, kantin tempat makan pelajar atau karyawan selalu menyediakan menu makanan dengan harga terjangkau. Bagaimana cara menemukan kantin karyawan? Anda bisa bertanya pada para pekerja di sekitar atau ikuti saja gerombolan pekerja yang sedang mencari makan siang. Di bandara luar negeri yang terkenal makanannya mahal, saya cari kantin karyawan. Rumah makan sederhana Sederhana di sini bukan nama rumah makan, lho. Anda tentu tahu bahwa tampilan sebuah rumah makan merepresentasikan harga makanan di dalamnya. Maka pilihlah rumah makan yang terlihat sederhana. Ukuran rumah makan tidak bisa menjadi patokan sederhana karena di rest area kadang ada rumah makan besar dengan harga makanan terjangkau. Paling mudah menilai kesederhanaan rumah makan dari penataan ruangan alias meja, kursi, serta tata tampilan makanan.

Waralaba

Waralaba internasional (kadang disebut juga junk food) biasanya mematok harga standar di seluruh dunia. Memang harganya disesuaikan dengan standar biaya hidup setempat, tetapi di negara Barat dapat digolongkan pada “harga terjangkau”, bahkan lebih murah daripada ke restoran.

Pasar

Di pasar biasanya ada warung makan untuk mengakomodir pedagang dan pembeli di sana. Kalaupun tidak berupa warung, pasti ada pedagang makanan siap santap. Jika Anda malas makan di dalam pasar, bungkus saja dan makan di tempat lain yang lebih nyaman seperti taman kota. Selain murah, bisa sekalian piknik dan “mejeng”.

Pusat jajanan

Bila Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, pastinya pusat jajanan adalah tempat makan paling murah di area itu. Di samping terjangkau, juga banyak variasi pilihan makanan sehingga Anda bisa punya kebebasan untuk menentukan menu makanan yang paling murah.

Masak sendiri

Sebagian penginapan menyediakan dapur kecil atau microwave untuk para tamu. Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk memasak makanan. Lebih hemat, bersih, dan sesuai selera. Tak perlu memasak makanan yang ribet dan heboh macam gulai, misalnya. Cukup makanan-makanan simpel dan mudah dimasak, seperti masakan yang ditumis atau direbus, atau Anda bisa membeli makanan cepat saji seperti mi instan, nugget, kornet, dan ikan kalengan.

Toko swalayan

Sekarang ini di Indonesia ada toko swalayan yang menyediakan area makan yang nyaman dengan makanan siap santap berharga lumayan terjangkau. Di luar negeri, toko swalayan jenis ini juga ada. Jika tidak ada, Anda tetap bisa mendapatkan makanan-makanan siap santap dengan harga terjangkau di toko swalayan. Contohnya di beberapa toko swalayan di Indonesia ada nasi kuning lengkap dengan lauk dalam kotak plastik, atau kalau di luar negeri ada sandwich yang dikemas dalam wadah plastik. Baca juga tulisan Trinity lainnya: Kiat atasi kendala bahasa Cara berkemas ringkas Alasan pentingnya jalan-jalan di Indonesia Kiat agar 'road trip' jadi menyenangkan Cara membuat anggaran jalan-jalan Bagaimana minta izin ke orangtua untuk jalan-jalan? Dari mana dapat uang untuk jalan-jalan? Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI