Tiga Profesor dari Luar Negeri akan Kuliah Umum di UHN Siantar

Posted 04-03-2014 10:46  » Team Tobatabo

SIANTAR - Menambah pemahaman dan wawasan mahasiswa, akademisi, tenaga pengajar tentang perpaduan berbahasa dengan kemampuan berpikir dan bernalar,  tiga profesor luar negeri akan memberikan kuliah umum di Universitas HKBP Nommensen (UHN) Kota Siantar.

Ketiga profesor itu yakni Prof Paitton M Chaiyanara PhD dan Prof Roksana Bibi B Abdullah PhD  dari National Institute of education, National Technological University Singapure. Kemudian Prof Roger T Bell PhD dari The University of Westminster, Inggris. Mereka nantinya akan didampingi Kepala Prodi Linguistik S2 dan S3 di Fakultas Budaya USU Medan Prof T Silviana Sinar MA PhD.

Hal ini dikatakan Kepala Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris UHN Kota Pematangsiantar Dr Sanggam Siahaan MHum kemarin kepada METRO. Katanya, ketiga profesor yang baru pertama kali datang ke Siantar ini akan memberikan materi dengan bentuk seminar internasional di Kampus FKIP UHN, pada Jumat 7 Maret 2014 mendatang.

Sanggam menerangkan, pada dasarnya bahasa dan penerjemahan memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai alat komunikasi dan juga sebagai alat untuk berintegrasi dan beradaptasi dalam lingkungan situasi tertentu.

“Derasnya arus globalisasi akan berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa (daerah, Indonesia dan asing). Karenya dibutuhkan bahasa penerjemahan sebagai sarana pendukung pertumbuhan itu,” ujar Sanggam.

Dengan adanya Seminar Internasional dengan materi yang dipaparkan ketiga profesor ini, diharapkan akan memberikan pemahaman tentang perpaduan berbahasa dengan kemampuan berpikir, bernalar dan memperluas wawasan para mahasiswa akademisi, tenaga pengajar serta masyarakat umum yang menghadirinya.

“Harus diingat, dalam berbahasa sangat dibutuhkan etika. Sebab dengan etika berbahasa akan dapat merubah sesuatu kondisi. Bahkan dalam hubungan international, bahasa sangat berperan penting untuk menjalin komunikasi yang baik,” tambah Sanggam.

Supaya hubungan semakin lebih baik, National Technological University Singapure sebagai universitas terbaik di Asia dan masuk 150 universitas terbaik di dunia bersedia membuat MoU (perjanjian kerjasama,red) dalam hal pendidikan. “Jadi kita bersyukur mereka bersedia,” kata Sanggam.

Acara seminar internasional terselenggara atas kerjasama Magister Pendidikan Bahasa Inggris UHN Siantar dengan PGRI Simalungun, ISPI Siantar Simalungun, Program Studi Magister dan Doktor Linguistijk Fakultas Ilmu Budaya USU Medan.

SUMBER

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI