Resep Kue Pohul - Pohul Makanan Khas Batak

Posted 11-11-2014 02:58  » Team Tobatabo

Ada sebuah kue tradisional nusantara yang terlihat unik yaitu apa yang dinamakan dengan Pohul-pohul yang berasal dari budaya Batak dan sangat menarik untuk dibahas. Kue seperti ini juga ada yang menyebutnya sebagai itak pohul-pohul atau ada juga yang mengenalnya sebagai puhul-puhul yang terbuat dari adonan kelapa parut dan tepung beras dengan pemanis berupa gula merah.

Berdasarkan dari sumber yang kami dapat konon kabarnya jika kuliner khas Batak ini merupakan salah satu buah tangan untuk keperluan adat bagi keluarga yang berkunjung dalam rangka membicarakan sebuah perkawinan. Menariknya lagi jika dilihat dari bentuknya kue ini juga sangat khas berbentuk lonjong dimana seperti ada lekukan-lekukan, karena dalam mencetaknya menggunakan kepalan tangan.

Sayangnya bisa dikatakan jika kuliner ini sulit untuk bisa kita dapatkan didaerah lain, sehingga mungkin akan membuat kita penasaran bagaimanakah rasanya. Oleh karena itu mari kita juga mencoba untuk membuatnya sendiri dan berikut adalah salah satu resepnya.

Resep

300 gram kelapa setengah tua kemudian diparut

300 gram tepung beras

150 gram gula merah, disisir

3-4 lembar dan pandan

Garam secukupnya

Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Siapkan wadah kemudian campurkan kelapa parut dengan garam dan aduk sampai rata

Jika sudah campurkan dengan tepung beras kemudian diremas-remas

Berilah gula merah sisir kemudian dikepal-kepal

Siapkan pengukus yang dialasi oleh daun pisang dan pandan

Masukan semua adonan yang sudah dibentuk dan kukuslah hingga matang

 

Sumber kiostips.blogspot.com

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI