Opini Kenapa Orang Batak Umumnya Menikah Setelah Cukup Berumur

Posted 22-12-2014 11:00  » Team Tobatabo

Yang kita tahu orang Batak itu Menikah di Usia Rata-rata 27 Tahun ke atas, laki-laki perempuan sama saja, pasti menikah di usia yang disebutkan di atas.

Alasannya apa?

Ini tidak bisa dipastikan. Yang kita tahu orang Batak itu cenderung tidak fokus ke jodoh atau ingin menikah di usia yang sudah seharusnya menikah.

Orang Batak itu rata-rata lebih fokus ke karier atau pekerjaan terlebih dahulu, kalau kerjaan sudah mapan atau cukup untuk membangun sebuah rumah tangga, baru orang Batak memikirkan pernikahaan.

Kita ketahui juga Orang Batak itu kebanyakan perantau, dimana di perantauan itu mereka bekerja keras membangun karier atau usaha. Sementara itu mereka harus di sibukkan dengan mencari pasangan yang dari suku Batak juga. 

Ini yang membuat keadaan lebih susah, karna sesama orang Batak di perantauan sibuk dengan karier, kerjaan atau usaha.

Yang lebih Susahnya lagi, kalau orang dari Suku Batak menikah dengan orang yang tidak dari Suku Batak. Maka orang yang menikah dengan suku lain itu akan dikucilkan atau dijauhkan dari keluarga bisa jadi tidak dianggap sebagai salah satu keluarga lagi.

Kalau ada Kegiatan yang di lakukan keluarga, dia tidak diikut sertakan.

Hal ini sudah Banyak terjadi, kenapa dan mengapa? Mungkin karena pembawaan diri atau cara berpikir Seseorang saja.

Alasan lain tentang jodoh suku Batak, adanya adat istiadat atau peraturan adat yang menentukan mana yang jodoh dan yang tidak jodoh.

Contohnya adalah orang Batak itu memiliki marga, dimana dalam 1 marga terdiri dari banyak marga Lain.

Contoh Kecil :

- Situmorang

- Sitohang

- Siringo-ringo

- Rumah Pea

- Dll

Itu terdiri dari 1 Marga, dimana Setiap dari mereka tidak boleh menikah dalam 1 marga yang sudah ada dari leluhur atau nenek moyang Mereka,

Contohnya :

Laki-laki dari Situmorang tidak diizinkan menikah dari perempuan Sitohang, karena ikatan darah yang sudah ada jauh sebelum mereka.

Catatan :

Orang suku Batak membawa atau mengambil atau mengikuti marga dari laki-laki,

Kejadian yang Mungkin Terjadi

Laki-laki dari Situmorang menikah dengan perempuan dari 1 marga Lain, sebut saja perempuan dari Sitompul, maka mereka bisa berjodoh. Walaupun nyokap atau ibu dari si perempuan bermarga Situmorang (ini disebut menikahi anak perempuan Tulang "om" atau boruni tulang).

Banyak hal lain yang membuat orang suku Batak menikah diusia yang sudah senja. Hal lain mungkin peraturan pernikahan adat Batak yang panjang, sangat rumit dan memakan biaya yang Besar untuk mereka yang tidak mampu atau bersahaja.

''Menikah adalah tujuan yang harus ditempuh, siapapun jodoh Kita biar tuhan yang menentukan"

Buat dongan-dongan yang mungkin memiliki pendapat beda bisa ditaro di kolom komentar ya!

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI