Air Terjun Mursala - Tapanuli Tengah

Posted 24-12-2014 11:44  » Team Tobatabo

Air Terjun Mursala adalah salah satu air terjun di Indonesia yang terjunan airnya langsung jatuh ke laut.  Air terjun ini berada di Pulau Mursala, yang terletak diantara Pulau Sumatera dan Pulau Nias. 

Ketinggian air terjun ini lebih kurang sekitar 35 m dari permukaan laut yang mengalir pada batuan granit kemerah-merahan di tebing pulau dan langsung jatuh ke Samudera Hindia. 

dari tebing pulau ke 

Keunikan lain Pulau Mursala adalah adanya obyek wisata air terjun dengan ketinggian lebih kurang 35 m yang langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Mungkin beberapa air terjun yang sudah anda lihat, jatuhnya air langsung ke sungai atau danau seperti air terjun Lembah Anai di Sumatera Barat yang berada persis ditepi jalan raya.

Air terjun di Pulau Mursala berada pada bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Air mengalir pada batuan granit kemerah-merahan di tebing pulau, lalu tercurah dalam volume yang besar ke permukaan laut dengan bunyi berdebum-debum. Volume air terjun akan lebih besar lagi pada musim penghujan.

Legenda

Ada cerita yang berkembang di masyarakat sekitar Air Terjun Mursala ini.  Konon air terjun ini adalah tempat bermain seorang putri cantik yang bernama Putri Runduk.  Menurut cerita Putri Runduk ini adalah permaisuri Raja Jayadana yang memerintah Kota Kerajaan Barus Raya, sebuah kerajaan Islam di wilayah Sumatera Utara pada abad ke-7 M dan memiliki paras cantik sehingga termasyur sampai ke luar kerajaan.

Dikarenakan negerinya yang sudah porak poranda akibat di serang oleh Raja Sanjaya dari Mataram, yang kemudian direbut oleh Raja Janggi dari Sudan, Putri ini akhirnya melarikan diri ke Pulau Mursala karena tidak mau dinikahi oleh Raja Sanjaya, dimana suaminya terbunuh dalam penyerangan tersebut. Dikisahkan pula bahwa sang Putri menceburkan diri ke laut saat dikejar oleh Raja Janggi, lalu hilang.

Lokasi

Terletak di Desa, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Aksesbilitas

Berjarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kapal cepat dari dermaga di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga atau 3 jam menggunakan kapal biasa.  Ongkos sewa perahu menuju kesana sekitar 1,3 juta.

Sedangkan untuk mencapai Sibolga itu sendiri sudah tersedai penerbangan komersial dari kota Medan.  Waktu tempuh dari Bandara Polonia Medan - Bandara FL Tobing Pinangsori Sibolga adalah sekitar 45 menit.

Fasilitas dan Akomosasi

Di Pulau Mursala ini belum ada penginapan, yang tinggal di sini hanya ada sekitar 60 kepala keluarga . Dan selain keindahannya , mungkin karena relatif masih asli belum terjamah inilah yang menjadi daya tarik sutradara Hollywood untuk menjadikan Pulau Mursala sebagai lokasi pembuatan filmnya.

Untuk menuju pulau Mursala , anda bisa menyewa perahu dari dermaga di pesisir Kabupaten Pandan, Sibolga dengan harga sewa sekitar 1,3 juta rupiah. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam . Beberapa ratus meter menuju pesisir Pantai Mursala, anda sudah disuguhi pemandangan bawah laut yang sangat mempesona.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI