Ini Kegunaan Buah Latteung si Bulat yang Selalu dihina orang Batak

Posted 12-01-2015 13:06  » Team Tobatabo

Lanteung, adalah sejenis tumbuhan berduri hampir seluruh tanaman ini dipenuhui duri. Buah Lanteung sangat mirip dengan buah terong belanda yang bentuknya bulat kecil. Juga tanaman ini bagi orang Batak adalah tanaman yang tidak berguna dengan kata lain bahwa tanaman ini tidak bisa dipergunakan sama sekali.

Baik buat hewan peliharaan seperti Pinahan, tumbuhan ini pun tidak dimakan pinahan. Buah Lanteung yang masih muda terlihat berwarna hijau, jika sudah matang akan terlihat warna merah.

sebagian dari kita mungkin sering mendengar kata latteung, Apalagi dalam istilah batak kata ini sering kali disebut "latteung mullop-ullop". Akan tetapi mungkin masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui sebenarnya apa dan bagai mana wujud dan bentuk latteung ini. Latteung itu adalah tanaman sejenis terong, tanaman ini tumbuh di daerah yang tanahnya agak lembab. Latteung ini sebenarnya adalah tanaman yang tidak berguna, dengan kata lain tidak bisa dimakan atau di jadikan apa pun. Makanya bila kita mendengar seseorang mengatakan "dasar latteung" kepada temannya, itu artinya dia mengatakan "Dasar tidak berguna".

Tapi ternyata buah lanteung ini juga berhasiat menjadi obat sakit gigi, kalo halak hita bilang ubat ni na tungkolon. Biji dari buah lanteung inilah yang dijadikan obat sakit gigi tersebut. Namun sayangnya kita belum tau seperti apa dan bagaimana cara menggunakan bijinya menjadi obat.

Editor : Leinjer Sastro Tampubolon

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI