Daerah Wisata Salju Panas Tinggi Raja

Posted 24-01-2015 14:20  » Team Tobatabo

Hello World, Hello Universe!

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba, wisata andalan Sumatera Utara. Tapi tahukah kamu bahwa Sumatera Utara tidak hanya Danau Toba meluliu, ada sebuah wisata menarik sekelas Pamukkale yang tersimpan di Sumatera Utara tepatnya di Dolok Tinggi Raja, “Salju Panas”, namanya Pamukkale nya Indonesia.

Salju Panas Tinggi Raja atau sering disebuat sebagai  Bukit Kapur Tinggi Raja merupakan kawasan bukit kapur yang memilki warna eksotis. Terdapat dua bukit kapur di kawasan Bukit kapur Tinggi Raja. Kedaua bukit  yang merupakan objek wisata di tempat ini bisa didatangi sekaligus, karena jarak antar keduanya yang tidak berjauhan. Disisi atas ada bukit kapur berwarna putih berbentuk seperti lereng sawah dengan warna air biru sehingga  kelihatan seperti salju lengkap dengan kawah air panasnya dan disebelah bawah ada bukit kapur berwarna hijau disertai aliran sungai dingin.

Aku sangat beruntung bisa menjelajah Pamukkale Indonesia sehingga aku tidak perlu jauh-jauh ke Turki untuk melihat cotton castle. Awal pertama ke Salju Panas dari ajakan temanku Imam untuk menikmati wisata rahasia Sumatera Utara. Tanpa pikir panjang aku langsung ikut bergabung dengannya beserta anggota tim lain yang sudah siap sedia untuk touring ala sepeda motor. Tim lain tersebut terdiri dari Rahman dan Rahim bersaudara, Rahmad, Sigit, Fery dan NIa. Kami berdelapan dengan bermodalkan 4 sepeda motor berangkat dari Medan ke Tinggi Raja untuk melihat Salju Panas Indonesia.

Yah kami ingin melihat sisi lain Indonesia, keindahan alam yang tersimpan!

Tapi ternyata perjalan ke Tinggi Raja bukanlah semudah yang kami bayangkan. Jalannya kecil, jelek dan tidak terawat. Kami butuh 4 jam dari Medan untuk sampai ke Tinggi Raja. Lelah sekali rupanya duduk di sepeda motor dengan jalanan yang berliku dan terjal.

Sesampai di tujuan, rasa lelah kami hilang dengan pesona Tinggi Raja. Untaian Mutiara dalam bentuk Sulfur putih dibalut dengan warna hijau dan air biru yang panas! Luar biasa sekali Wisata Indonesia! Salju terindah yang aku lihat walau aku belum pernah melihat salju sebenarnya tapi inilah Salju Panas di Sumatera Utara, berlian yang tersimpan di belantara hutan Tropis Sumatera.

Aku dan tim merasa sangat puas dengan pemandangan luar biasa Bukit Kapur Tinggi Raja, si Pamukkale Indonesia.

Info Penting Tentang Salju Panas Tinggi Raja Sumatera Utara

Transportasi ke Salju Panas/Bukit Kapur Tinggi Raja hanya bisa dilalui dengan sepeda motor karena jalanan yang kecil. Untuk lama perjalanan ke Salju Panas Tinggi Raja sekitar 3-4 jam perjalanan dari kota Medan.

 Untuk mencapai lokasi kawasan konservasi Salju Panas, ada dua alternatif perjalanan darat yang bisa ditempuh, yaitu :

1) Medan – Lubuk Pakam – Tebing Tinggi – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 110 km atau waktu tempuh 3 jam perjalanan.

2) Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Masihul – Dolok Tinggi Raja, dengan jarak 97 km.

Biaya masuk ke Salju Panas: Rp5000

Penginapan : Tidak ada penginapan di Salju Panas

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI