Hiasan Lampion Ramaikan Toko dan Plaza di Medan

Posted 19-02-2015 01:05  » Team Tobatabo

Menjelang Hari Raya Imlek, toko  dan Plaza di Kota Medan dihiasi lampion. Hari besar ini biasanya dirayakan masyarakat Tionghoa dengan  sangat meriah. Beberapa hari ini hampir di setiap sudut plaza, toko dan  rumah warga Tionghoa dihiasi lampion berwarna merah.  Ciri khas lampion akan terlihat pada malam hari dan menambah kemeriahan di Kota Medan, kata Rony (25) pengunjung Centre Point Mall Jalan Jawa Medan, Selasa (17/2).

Melihat keindahan  lampion di setiap sudut  membuat pengunjung bersantai  untuk minum, makan dan belanja. ”Gedung ini menjadi cantik dan indah serta suasana Imlek terlihat dengan letak lampion yang ditempatkan secara teratur,” kata Fifi security mall .

Rafael warga Tionghoa pemilik toko  di Jalan  Gatot Subroto Medan  mengatakan, lampion dulu terbuat dari bambu atau rotan,  sarungnya terbuat dari kertas dengan lampu sumbunya”. Zaman yang modern sekarang ini  lampion menggunakan lampu, rangkanya dari kawat dan sarungnya dari kertas.”Biasanya sarung lampion ditulis dengan Bahasa Mandarin Gong Xi Fat Choi ,”tambah Rafael.

Dia juga mengatakan, peran orangtua bisa menumbuhkan semangat Imlek dari dahulu . Sekarang kaum muda sudah mulai melupakan asal usul lampion karena lampion  adalah sesuatu yang tidak bisa dilupakan dalam  tradisi Imlek.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI