Museum Situs Kota Cina Nantikan Janji Pemko Medan

Posted 08-03-2015 02:53  » Team Tobatabo

Sampai saat ini Museum Situs Kota Cina yang berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan masih menunggu janji Pemerintah Kota Medan yang akan membuat museum tersebut sebagai cagar budaya. Hal ini disampaikan Trey Boy Nababan selaku staf museum, Kamis (5/3).

Saat ditanya kapan pemerintah saat itu merealisasikan janji tersebut staf museum tersebut mengatakan secepatnya. "Pemerintah janjinya secepatnya bang," ucapnya.

Sampai saat ini museum Situs Kota Cina masih dikelola secara pribadi oleh Dr Phill Ichwan Azhari. "Ini semua pengelolanya masih pribadi bang oleh Bapak Ichwan Azahri dan sedikit dari uang masuk yang dikutip dari pengunjung. Adapun dari pemerintah hanya berupa sumbangan lemari kaca," tuturnya.

Museum ini memiliki sejarah panjang sejak abad ke-14 dan dulunya juga pernah menjadi bandar international, sehingga sangat disayangkan jika situs-situs peninggalan yang ada terabaikan. "Ini dulunya diperkirakan sebagai bandar labuhan internasional sejak abad ke-14. Ini diketahui sejak didapatnya benda-benda arkeologi dari setiap galian yang dilakukan. Jadi sayang rasanya bang jika tak dipelihara," ucapnya.

Selain tenaga ahli museum juga mempekerjakan warga sekitar yang tentunya sudah dibekali dan dilatih dalam hal menggali. Jika museum ini nantinya bisa menjadi cagar budaya, pasti juga akan menambah lowongan kerja kepada warga setempat. "Di sini penggalinya selain para ahli juga mempekerjakan warga setempat yang sudah dilatih dan dibekali sebelumnya. Jadi kalau ini bisa menjadi cagar budaya otomatis akan membuka peluang kerja bagi warga sini. Karena ini luas bang," terangnya.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI