USU Terima 2.325 Calon Mahasiswa Baru

Posted 20-05-2016 11:52  » Team Tobatabo

MEDAN - Universitas Sumatera Utara menerima sebanyak 2.325 calon mahasiswa baru untuk 47 program studi (prodi) S1 reguler melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diumumkan beberapa jam lalu, Senin (9/5/2016).

Angka tersebut diperoleh berdasarkan pengumuman hasil SNMPTN yang diumumkan oleh Panitia Nasional SNMPTN 2016 melalui laman ini yang bisa diakses sejak pukul 13.00 WIB.

Rektor USU, Profesor Runtung Sitepu mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lulus di USU.

"Bagi peserta yang tidak lulus, masih terbuka kesempatan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sampai dengan tanggal 20 Mei," katanya.

Bagi peserta yang telah lulus ini, Prof Runtung juga mengingatkan agar tidak lupa mengikuti Pelaporan Mahasiswa Baru USU yang diterima melalui SNMPTN T.A 2016/2017 yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2016 dengan tatacara dan waktu pelaporan sebagaimana dapat dilihat pada laman web tersebut.

Karena, bagi peserta yang diterima melalui SNMPTN Tahun 2016 yang terlambat melakukan pelaporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan.

Sementara itu, Ketua Panitia SNMPTN 2016 USU, Profesor Rosmayati menjelaskan, secara rinci 2.325 peserta SNMPTN yang telah diterima tersebut terdiri dari 1.868 jalur reguler dan 475 jalur Bidik Misi.

Sedangkan berdasarkan pengelompokkan bidang ilmunya, dari jumlah yang lulus tersebut, terdiri dari 1.429 prodi sainstek dan 896 soshum.

Dipapar Rosmayati, waktu pelaporan (registrasi) untuk kelompok saintek (FK, FP, FKG, FT, FMIPA, FKM, FF, F.Kep, Fasilkom-TI) adalah pada tanggal 31 Mei 2016 pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, di Gelanggang Mahasiswa USU Jalan Universitas,

Sedangkan untuk kelompok soshum (FH, FEB, FIB, FISIP, F.Psikologi) yakni tanggal 31 Mei 2016, pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB, di Pendopo USU Jalan Universitas.

"Peserta harus datang sendiri. Tidak boleh diwakilkan. Berpakaian rapi, tidak dibenarkan memakai kaos oblong, sandal, topi, dan cadar, dengan syarat membawa Kartu Peserta SNMPTN tahun 2016 asli, ijazah asli atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). Apabila ijazah dan SKHUN belum keluar, dapat membawa surat keterangan lulus yang diterbitkan oleh sekolah asal, dilengkapi dengan pas photo ukuran 3x4 cm, dan surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama," jelas Rosmayati.

Untuk Program BIDIKMISI, tambahan kelengkapan administrasi yang harus dibawa peserta adalah fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau sejenisnya sebagai bukti siswa aktif, surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan atau akademik yang disahkan oleh kepala sekolah asal, surat keterangan penghasilan orangtua/wali atau surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/instansi tempat orangtua bekerja, fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik), dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari orang tua/wali, serta foto rumah tampak depan, kiri, dan kanan.

Sedangkan Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima sebanyak 2.092 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Secara rinci, jumlah calon mahasiswa yang diterima Unimed terdiri dari 1.873 peserta jalur reguler, dan 219 peserta jalur Bidik Misi. Sedangkan jumlah pendaftar SNMPTN tahun 2016 yang mendaftar di Unimed yakni 24.904.

Sumber Tribun Medan

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI