Selain Kopinya, Toraja Punya Pesona Awan 3 Warna

Posted 03-02-2017 13:55  » Team Tobatabo

Tana Toraja - Tana Toraja di Sulawesi Selatan terkenal dengan pemakaman khas dan kopinya. Selain itu, soal bentang alam di sana terdapat awan 3 warna.

Tana Toraja bagai magnet bagi traveler pecinta kopi. Ditemui saat kunker Wapres, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, memperkenalkan kopi khas yang nikmatnya memang tak usah diragukan lagi di rumahnya, Minggu (22/1/2017).

Kopi Tana Toraja (Tator) berasal dari berbagai wilayah. Salah satu penghasil kopi enak ini adalah Pango-pango. Pango-pango berada di Kota Makale, Kabupaten Tator.

"Kopi Tator yang enak itu dari Pango-pango, " kata Nicodemus.

Tator berencana untuk makin memperluas kopi toraja lewat event lovely Desember pada tahun 2016 kemarin. Bupati berharap ini akan jadi event tahunan.

Foto: Bupati Tana Toraja (Bonauli/detikTravel)

"Sudah ada brand, namanya Kopi Toraya Maelo. Nantinya akan diisi oleh asosiasi kopi Indonesia dan Internasional," ucap Nicodemus.

Kopi Toraya Maelo artinya adalah kopi yang bagus, baik dan nikmat. Walaupun untuk internasional, Bupati tetap akan menggunakan bahasa Toraja untuk branding.

Bukan cuma kopi ternyata. Pango-pango juga punya awan 3 warna. Ini bisa dinikmati saat sunrise.

"Awan 3 warna ini akan berlangsung pukul 06.00 WITA sampai 09.00 WITA," ujar Nicodemus

Pada pukul 06.00 WITA awan akan berwarna putih, kemudian pada pukul 07.30 WITA akan berubah menjadi sedikit kuning muda. Pada pukul 08.00 WITA, awan akan berubah menjadi kuning keseluruhan.

"Itu baru pagi, sore hari ada lagi namanya atraksi Selimut Awan. Jadi kita akan dikelilingi oleh awan," tutup Nicodemus.

Dikutip dari Detik Travel

Judul Bukan Cuma Kopi, Tana Toraja Punya Awan 3 Warna

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI