Bukan Orang Batak Tapi Memilih Memakai Pakaian Batak Pemberian Warga Humbang Hasundutan

Posted 05-06-2017 13:53  » Team Tobatabo
Foto Caption: Thahjo Kumolo

Meskipun bukan orang Batak, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memilih memakai pakaian khas halak hita halak batak dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (1/6).

Menurut Tjahjo, ulos dan tali-tali yang dikenakannya adalah pemberian warga Humbang Hasundutan (Humbahas) saat dia berkujung ke salah satu kabupaten di Tano Batak tersebut.

"Ini pada saat saya diundang oleh masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Humbang Hasundutan dari Sumatera Utara. Saya diberi gelar adat dari Humbang sana. Ya udah saya pakai (pakaian adatnya)" cerita Tjahjo usai upacara dipimpin Presiden Jokowi yang berpakaian adat Betawi.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Humbahas memberikan seperangkat pakaian adat khas Batak Toba yang diserahkan Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) melalui proses adat khusus. Tjahjo juga diberi gelar adat.

"Penghormatan ini akan saya kenang selamanya," ujar Tjahjo yang salah satu besannya berasal dari Karo.

Dan benar saja, pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni hari ini, atau dua tahun setelah prosesi adat itu, Tjahjo masih mengenang penghormatan dari orang Batak tersebut. Salut!

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI