Vinculos dari Spanyol yang Sudah Tampil di 12 Negara akan Kunjungi Tobasa

Posted 23-07-2017 11:54  » Team Tobatabo
Foto Caption: Grup Okestra Vinculos dari Spanyol

Untuk pertama kali, Kabupaten Toba Samosir (Balige) di Indonesia, mendapat kepercayaan  dari Orkestra Vinculos dari Spanyol  untuk dikunjungi dalam perhelatannya.  Sebanyak 40 orang personil  Vinculos akan melaksanakan berbagai kegiatan  mulai di Onan Balige (Balerong red), Panti Karya Hepata Laguboti , IT DEL Laguboti dan  Museum TBS Center.

Vinculos  adalah sebuah project dari Siero Chamber Orchestra (OCAS) Spanyol yang mempromosikan integrasi sosial dan budaya melalui musik, dengan cara memperkenalkan kebudayaan yang berbeda, adat-istiadat, pandangan hidup dan lain-lain tanpa diskriminasi sosial, agama, dan pembedaan lainnya.

Vinculos  sudah dilaksanakan di 12 negara antara lain Brazil, Bolivia, Honduras, Guatemala, Amerika Serikat, Maroko, Nikaragua, Yunani, Italia, Algeria, dan Republik Dominika dengan lebih dari 300 konser, 100 workshop dan masterclass, serta 150 instrumen musik didistribusikan.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan penyambutan kedatangan Vinculos dari Spanyol yang dilaksanakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir, Selasa (18/7)  yang dihadiri Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus, Plt Sekdakab Tobasa Arifin Silaen, Kementerian Parawisata Ahmad Mahendra Kasubdit Diplomasi Budaya Luar Negeri di Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Kadis Parawisata Tobasa Ultrisonlahir.

Menurut  Ahmad Mahendra, dalam kunjungan ini, Vinculos akan berkolaborasi dengan seniman-seniman lokal,  menunjukkan dan mengajarkan orkestra kepada masyarakat, workshop ke sekolah-sekolah dan  ke panti asuhan.

Selama kunjungannya di Tobasa mulai 27 hingga  30 Juli, lanjut Mahendra, khususnya saat pelaksanaan konser akan dilakukan live streaming di Youtube. Dan diharapkan ini akan menjadi viral. "Kunjungan Vinculos ini juga termasuk sebagai ajang promosi wisata Indonesia kepada dunia, khususnya wisata Danau Toba. Untuk itulah pemerintah menyambut baik kehadiran Vinculos," sebutnya.

Sementara Plt Sekdakab Tobasa Plt Arfin Silaen yang ditanya wartawan usai pelaksanaan rapat persiapan penyambutan Vinculos di Tobasa, bahwa melalui kehadiran serta serangkaian kegiatannya di Toba Samosir, akan menjadi media yang efektif memperkenalkan wisata Danau Toba, tanpa harus  mengeluarkan biaya yang besar yang mencapai miliaran rupiah.

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, dalam hal ini daerah Toba Samosir yang mendapat kepercayaan pertama untuk dikunjungi, tentunya akan menyambut dengan baik kehadiran Vinculos ini. "Ini akan mengangkat citra  Indonesia sebagai pusat keberagaman budaya dan tujuan wisata. Memperluas peluang dan jaringan kerjasama bagi komunitas budaya melalui ajang pertemuan dengan seniman internasional," terang Arifin.

Selain mengunjungi Kabupaten Tobasa dengan berbagai kegiatannya, Vinculos, juga akan mengunjungi daerah Kabupaten Humbang Hasundutan dan Samosir. Selanjutnya mereka melaksanakan serangkaian kegiatan di Jakarta dan Kepulauan Seribu.

"Kita sangat apresiasi atas kepercayaan dari Vinculos yang menjadi daerah pertama di Indonesia, mendapat kepercayaan untuk dikunjungi,"  tutup mantan Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Tobasa ini.

Dikutip dari HarianSIB
MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI