17 Busana Adat Batak untuk Tampil Istimewa di Hari Pernikahan

Posted 28-11-2017 12:00  » Team Tobatabo
Foto Caption: Pakaian Pengantin Batak

Batak merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Batak sendiri dibagi dengan sub suku yang lumayan banyak, seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, dan Batak Simalungun. Nah, untuk menggelar upacara pernikahan adat Batak pun dibutuhkan prosesi yang panjang.

Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah baju pernikahan. Nah, kali ini tobatabo akan coba memberi referensinya, seperti apa? Simak yang satu ini.

1. Bagi calon pengantin yang mengenakan adat Batak Toba bisa mengenakan kebaya merah menyala yang bakal matching dikombinasikan dengan Sortali (ikat kepala).

instagram.com/therealmomogeisha

2. Atau pilih kebaya panjang warna merah yang bertabur mutiara? Kombinasi Sortali dengan mawar merah juga sukses memberi kesan mewah lho.

instagram.com/verakebaya

3. Ini desain manis untuk pengantin adat Batak Karo! Tudung (topi kain untuk wanita Karo) dan kain tenun 3 lapis bakal membuatmu beda sekaligus tampil 'wah'.

instagram.com/verakebaya

4. Serba merah dan emas, ini bisa jadi referensi untuk calon mempelai Batak Karo. Kamu bisa mengenakannya untuk pemberkatan maupun resepsi.

instagram.com/aridewayanti

5. Bulang berwarna emas yang bertahta di atas kepala membuatmu bak Ratu sehari. Kebaya dan kain yang melintang di dada dengan warna krem bisa jadi cara untuk tampil elegan dengan pernikahan adat Batak Mandailing.

instagram.com/lemotionphoto

6. Ampu (penutup kepala pengantin pria) warna hitam cocok dikombinasikan dengan baju godang (baju pengantin pria) warna merah. Pengantin wanita juga bisa mengenakan baju warna serupa.

instagram.com/theportraitphotography

7. Kombinasi warna kuning keemasan dan krem bisa jadi andalan untuk tampil elegan nan cantik di pernikahan adat Batak Mandailing.

instagram.com/verakebaya

8. Perpaduan warna emas dan ungu bisa dicoba. Mempelai pria bisa mengenakan ampu dengan warna hitam.

instagram.com/verakebaya

9. Dengan adat yang kental kamu bisa mengombinasikan kain ulos dengan Bulang (mahkota) dan Bobar (ikat pinggang) warna keemasan.

instagram.com/sistawedding

10. Gak melulu kebaya merah, kamu bisa mengenakan kebaya warna emas yang dipadu dengan kain songket warna putih dan hitam.

contohbajukebaya.com

11. Tapi Bulang-bulang membuat calon pengantin pria makin gagah, begitu juga dengan Padang Raja Muli atau anting kodang-kodang yang membuat mempelai wanita terlihat cantik.

Iluminen by thebridedept.com

12. Mengenakan kebaya putih bertabur payet bakal membuatmu istimewa. Pengantin pria bisa tampil gagah dengan setelan jas biru tua.

David Christover and Mindfolks Wedding by thebridedept

13. Ingin tampil sederhana tapi manis dengan adat Batak Toba? Coba kenakan kebaya putih! Untaian melati di bagian sanggul juga bakal berpadu sempurna dengan merahnya Sortali.

David Christover by thebridedept

14. Elegan dengan perpaduan warna hitam dan emas. Kamu bisa tiru gaya busana ini untuk pernikahan dengan adat Batak Mandailing.

mahligai-indonesia.com

15. Tampil fancy dengan busana serba emas. Perpaduan warna semburat ungu pada kebaya juga bakal membuat penampilanmu sangat eye-catching.

mahligai-indonesia.com

16. Pakaian pengantin Batak Simalungung juga tidak kalah elegan. Dipadu dengan gotong dan warna kebaya ungu, menjadikan tema pengantin terlihat elegan dan unik. 

17. Dengan model klasik dan unik, pakaiang adat pegantin Simalungun ini terlihat padu dengan konsep retro. Stelan jas abu dipadu dengan kebaya putih, sangat terlihat menyatu.

Nah pakaian adat Batak yang mana menjadi Favoritmu?

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI