Cara menyeberang atau transportasi ke pulau Samosir dari Medan

Posted 20-10-2013 22:20  » Team Tobatabo

Jika anda ingin ke pulau samosir dari Medan sebagai wisatawan baru mungkin anda bingung, ada beberapa opsi ke pulau samosir.

1. Angkutan umum murah meriah

Jika anda ingin jalan-jalan dengan bugdet murah, anda bisa mengunakan angkutan umum sebagai alternative. Dari medan anda bisa mencari loket angkutan umum seperti Medan raya tour (MRT), Simpati, KUPJ, Sepadan, Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) ataupun bis lintas parapat seperti Intra, PMH atau ALS. Dari Medan pertama-tama kita harus ke Parapat dulu, dari belabuhan Parapat atau ajibata kita naik kapal pengangkutan umum ke Samosir.

Angkutan Medan - Parapat Rp 20.000 - Rp 30.000

Kota Parapat - Pelabuhan Rp 2000 - Rp 4000

Ongkos Kapal Parapat/Ajibata - Samosir Rp 9000

Untuk angkutan kapal danau anda harus memastikan bahwa kapal tersebut adalah angkutan umum non turis atau non wisatawan. Untuk kapal khusus buat wisatawan biasanya lebih mahal (Rp 15.000) dibandingkan kapal biasa untuk masyarakat umum. Jadi untuk menghindari kesalah pahaman sebaiknya tanyakan dulu secara pasti. Cukup murah, tetapi anda harus sering gonta - ganti kendaraan alternative untuk yang satu ini.

2. Sewa mobil rental demi Kenyamanan

Unttuk anda yang tidak mau repot dan lebih mengutamakan kenyamanan, anda bisa memesan taxi rental dari Medan yang akan mengantarkan anda sampai ditujuan atau di pulau Samosir. Dari Medan anda akan ke Parapat, dan mengunakan feri penyebrangan via pelabuhan Ajibata menuju Samosir.

Dari Samosir anda bisa diantarkan ketempat tujuan anda, misalnya tuktuk, tomok, simanindo atau pangururan. Kisaran biaya taksi Rp 500.000 - 700.000. Sebelum menyewa taksi pastikan bahwa harga rental sudah termasuk biaya penyebrangan mobil atau belum. Untuk menhindari kesalah pahaman dengan pihak perental mobil, anda baiknya anda meminta harga yang ditawarkan sudah termasuk dengan biaya penyebrangan.

Perlu anda ketahui, ada beberapa alternativ penyebrangan ke Samosir.

Tuktuk berkembang pesat karena letaknya yang dekat dengan Pelabuhan Tomok. Pelabuhan Tomok menjadi akses masuk Samosir dari Pelabuhan Ajibata, Parapat.

Sebagian besar wisatawan biasanya ingin pelesir di Parapat terlebih dahulu sebelum ke Samosir. Oleh karena itu, mereka memilih masuk Samosir melalui Parapat. Padahal ada empat akses yang bisa dipillih menuju Samosir. ?Sekarang akses sudah ada tiga dermaga. Dari dermaga Ajibata-Tomok, dermaga Simanindo-Tigaras, dermaga Nainggolan-Muara,lalu jalan darat lewat Jalan Tele,? tutur Mangindar.

Di saat liburan, wisatawan harus bersabar menunggu giliran naik ke kapal feri jika ke Samosir melalui akses Ajibata-Tomok. Kadang waktu menunggu bisa berjam-jam. Harga tiket feri itu sendiri untuk mobil roda empat sebesar Rp 91.500, sudah termasuk penumpang di dalamnya.
Akses lainnya adalah Simanindo-Tigaras dan Nainggolan-Muara. Pelabuhan Simanindo berada di Samosir, sementara Tigaras berada di Simalungun. Pelabuhan Nainggolan di Samosir dan Pelabuhan Muara di Tapanuli Utara.

Harga tiket feri untuk mobil roda empat melalui pelabuhan Simanindo-Tigaras sebesar Rp 95.000 dan tersedia tiap hari. Sementara Nainggolan-Muara hanya tiga kali seminggu, yaitu Senin, Kamis, dan Sabtu. Harganya Rp 99.000 belum termasuk asuransi, untuk mobil roda empat.

Sementara itu, akses darat dapat dilalui via Jalan Tele yang menghubungkan Kabupaten Samosir dengan Kabupaten Humbang Hasundutan. Pulau Samosir sebenarnya terhubung melalui sebuah jembatan dengan daratan Sumatera Utara.

Jalanan aspal dan berkelok-kelok meninggi. Karena medannya yang curam, pengendara perlu berhati-hati saat menyetir. Hanya saja, panorama di sekitar Jalan Tele sangat cantik. Wisatawan dapat melihat Danau Toba dan Pulau Samosir dari ketinggian.

Berhentilah di Menara Pandang di Jalan Tele. Pemandangan biru dari danau, bukit hijau, Pusuk Buhit, dan Pulau Samosir akan membuat penikmatnya terkesiap. Sesaat, memandangi danau yang begitu luas, imajinasi akan terlempar ke kisah petani dan perempuan jelmaan ikan.

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI