Pulau Bintan, Objek Wisata yang Dilirik Eropa

Posted 27-01-2014 13:35  » Team Tobatabo

Indonesia dikenal dengan sebutan negara kepualauan. Karena banyaknya pulau yang dimiliki oleh negara jajahan Belanda dan Jepang ini. Dengan banyaknya pulau, tidak salah bila Indonesia juga dikenal dengan negara yang memiliki objek wisata yang eksotik. Seperti Bintang, pulau kecil yang berada di Teritorial Kepulauan Riau.

Beberapa tahun yang lalu, pulau ini dikenal sebagai penghasil Bauksit terbesar di Indonesia. Kini, selain tambang, penghasilan pulau ini dari turis . Letaknya sangat strategis, karena jaraknya hanya 50 miles sebelah selatan Singapura. Tidak heran, bila pada abad ke-18, pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris saling bertarung memperebutkan pulau ini.

 

Bagi pecinta perjalanan alam, Anda harus mencoba untuk menjelajah pulau ini. Pantai yang jernih bersama pasir putih yang masih alami, biota alam bawah laut yang indah, hiking ke gunung Bintan, serta menikmati hutan magrove.  Hutan Mangrove di kawasan ini seluas 800 hektar disepanjang Sungai Sepung sepanjang 6,8 kilo meter ekosistem kehidupan hewan-hewan di dalamnya seperti ular sanca mangrove, ular sawah yang bisa ditemui saat menyusuri mangrove. Selain itu bisa juga bertemu biawak, serta kera.

Keindahan laut pulau ini akan sangat memuaskan bagi mereka pecinta mincing, karena pantai ini merupakan kawasan Laut Cina Selatan yang terkenal dengan ikan-ikan yang beragam. Bahkan, beberapa penginapan di kawasan ini menyediakan fasilitas untuk memancing bersama dengan alat dan memberikan ilmu cara menangkap ikan secara tradisional.

Bukan hanya itu, bagi yang ingin melakukan perjalanan bisnis, pulau ini juga menyediakan lapangan golf, dengan fasilitas yang sangat memuaskan. Menarik bukan?
Bagi yang senang dengan petualangan tradisional, silahkan berkunjung ke pantai Trikora. Pantai ini dikelilingi oleh rumah penduduk yang mayoritas bekerja sebagao nelayan. Walaupun begitu, jangan salah, keindahan pantai ini sangat menarik. Terutama saat menjelang sore, anak-anak nelayan berkumpul untuk bermain. Dan para wanita biasanya menenun jarring nelayan.

Untuk mencapai daerah wisata ini, ada berbagai cara yang dilakukan, dan paling umum menggapainya melalui Pulau Batam. Kalau dari Medan, bisa menggunakan pesawat Garuda Indonesia menuju Batam. Dari Batam menuju ke pelabuhan Punggur, Tanjung Pinang,  menyebrang ke Pelabuhan Sri Bintan Pura yang memakan waktu selama 1 jam.

Untuk mencapai daerah objek pariwisatanya, dibutuhkan waktu sekitar dua hingga 3 jam perjalanan darat melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura. Waktu itu tidak akan merasa sia-sia, karena selama perjalanan banyak pemandangan alam yang bisa dinikmati. Seperti rumah tradisional peninggalan zaman penjajahan, serta hutan alam yang belum tersentuh.

Nah, Anda sudah sampai ke objek wisata Pulau Bintan. Ada 7 resort yang disediakan. Anda bisa memilih sesuai dengan badget dan fasilitas yang dimiliki.

Wisata kuliner daerah ini tidak kalah menarik, biodata laut menjadi menu andalan .  Coba cicipi makanan yang ada di Restauran The Kelong yang menyediakan makanan khas  Bintan yaitu Genggong atau biasa disebut ciput.

Marketing Supervisor PT Garuda Indonesia Widyo Pramono mengatakan, pihaknya sudah menggunakan penerbangan ke Batam karena banyaknya peminat menuju pulau ini. Garuda Indonesia telah membuka jalur penerbangan Medan – Batam sejak April 2012 lalu. Selain itu bisa juga Medan-Bintan via Batam. “Mereka bisa menjual paket tur. Sebab, Garuda Indonesia telah membuka jalur penerbangan  kesana,” tutupnya.

Sumber sumutpos

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI