Cari
Foto Caption: Batak Haus di Weperloh German
 Wisata
 2 bulan yang lalu

Ini Dia Batakhaus, Rumah Tradisional Etnik Batak di Negara Jerman

Rumah traditional Batak di German? Unik bukan. Sesuai informasi yang didapatkan tobatabo, Di Jerman lebih tepatnya di daerah Weperloh terdapat rumah adat batak yang disebut dengan Batakhaus. Sementara yang kita kenal rumah adat ini disebut Ruma Bolon. Batakhaus berdiri atas inisiatif Pastor Matthaus pada tahun 1978.

Sebenarnya hal ini sudah cerita umum mengenai kedekatan bangsa Jerman dengan suku Batak. Penyebarang agama Kristen dan Katolik di tanah Batak membawa banyak para penginjil dan biarawan yang merasa tertantang untuk melakukan pengajaran di tanah Batak. Selain itu tidak jarang dari mereka merasa penasaran dengan budaya unik suku Batak yang kerap diceritakan para warga negara Jerman lainnya yang sudah menjajaki langsung tanah Batak.

Batakhaus sama saja dengan Ruma Bolon, bentuknya segi empat layaknya rumah panggung pada umumnya. Di bagian depan terdapat tangga sebagai jalan masuk ke dalam rumah, tepat di tengah-tengah. Rumah panggung ini pun disangga oleh tiang-tiang penopang. Sementara itu atapnya menyerupai bentuk pelana kuda.

Bahan yang digunakan untuk membuat Batakhaus adalah kayu ek serta ilalang untuk bagian atap. Ornamen yang terdapat pada Batakhaus pun seperti ornmen yang biasa digunakan oleh orang-orang Suku Batak.

Batakhaus dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian atas tengah, dan bawah. Bagian atas diperuntukkan bagi roh leluhur, bagian tengah untuk keluarga, kemudian bagian bawah untuk binatang peliharaan. Rumah adat ini telah dijadikan tempat wisata dan juga sebagai museum sehingga wisatawan di Jerman bisa mengenal salah satu harta karun Indonesia.

Tentunya dongans pasti patut bangga melihat rumah adat kita eksis di negara lain.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah