Cari

Solu Bolon Riwayatmu Kini, Yang Pernah Arungi Danau Toba

Posted 09-01-2015 13:00  » Team Tobatabo

Oh Danau Toba, Dimanakah Solu Bolon Saat Ini?

Solu bolon atau sampan besar adalah sarana angkutan yang digunakan mengangkut dalam jumlah besar. Solu bolon yang dapat menampung jumlah kelompok orang batak mengarungi perairan Danau Toba yang dulu untuk berdagang bahkan merebut daerah kekuasaan alias berperang.

loading...

Bahkan konon di percaya apabila seseorang yang memiliki solu bolon adalah orang batak yang mempunyai pengaruh atau terpandang di suatu huta atau perkampungan atau disebut juga Raja. Bila sesorang dari keturunan kaya yang hendak merantau menyeberangi Pulau Samosir diarak-arak diiringi gondang batak dengan harapan meraih kesuksesan di rantau orang. Juga sebagai angkutan iringan pesta adat Batak kala itu.

Keterangan gambar: Solu Bolon Berkepala Singa.  Danau Toba. Foto oleh Feiberk pada tahun 1870. © Leiden, Museum Volkenkunde, inv. A13-25.

Saat ini kita sudah tidak bisa melihat kebiasaan diatas setiap hari di kawasan Danau Toba. Hanyak jejak sejarah yang bisa kita dengar dan melihatnya di museum sebagai pajangan. Oh ya, masih ada pada saat acara-acara tertentu, misalnya di acara Festifal Danau Toba itupun kalau diadakan. Atau pada saat acara Ritual Adat Mangebang Solu Bolon saat peresmian pelabuhan baru, ya itupun kalo ada pelabuhan baru.

Berbeda Dengan Di Italy, Venice Gondola Tetap Di Lestarikan

Kita lihat kota Venesia, Italia, terkenal sebagai kota air. Salah satu hal yang membuat Venesia semakin unik dan tersohor karena sungainya yang penuh dengan gondola.

Gondola adalah perahu khas kota Venesia. Gondola mulai dikenal sejak awal abad 11, tepatnya sekitar tahun 1094. Dahulu, gondola dibuat khusus untuk alat transportasi para bangsawan atau orang-orang kaya saja. Namun, gondola akhirnya menjadi transportasi umum orang Venesia.

Pada abad ke 20, fungsi gondola mulai berubah. Gondola tak lagi menjadi alat transportasi orang Venesia saja, tapi sebagai alat transportasi turis. Pada saat itu orang Venesia sudah mulai menggunakan perahu boat, bukan gondola lagi.

Seperti yang di kutip oleh Gobatak.com dari Wikipedia, bahan gondola terbuat dari kayu dan dibuat dengan tangan. Untuk membuat gondola diperlukan ketrampilan khusus. Untuk membuat badan perahu agar melengkung indah perlu api khusus.

Mengenai ongkos naik gondala, lumayan merogoh kantong. Kita harus menyiapkan ongkos kurang lebih 100 Euro untuk berkeliling dengan gondola selama 50 menit. Gondola cukup dimuati sebanyak 6 orang. Nah, karena itu kalau ingin naik gondola lebih baik mengajak teman.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah