Cari

Masyarakat Tiga Dolok Simalungun Dambakan Perbaikan Jalan

Posted 26-01-2015 14:34  » Team Tobatabo

Masyarakat Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan kabupaten Simalungun mendambakan perbaikan akses  jalan dari Simpang Manigom menuju Dolok Marsaur sepanjang kurang lebih 4 km yang vital dalam mengangkut hasil pertanian.

Gultom (45), warga sekitar kepada SIB, Sabtu (24/1) mengatakan, sudah empat tahun jalan itu tidak pernah tersentuh pembangunan. Padahal jalan itu merupakan salah satu akses  menuju kota. Masyarakat sudah berulangkali menyampaikan kepada pemerintah baik melalui musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) tingkat nagori maupun kecamatan namun belum ada  perhatian serius dari pemerintah.

loading...

Ia menjelaskan, di sepanjang jalan itu terdapat banyak huta yaitu Huta Sotul, Huta Bolon, Huta Lubuk, Huta Jior, Huta Sosor, Huta Buttu Bartong, Huta Parsaoran. Jumlah penduduk mencapai 400 keluarga. Mata pencaharian masyarakat di sepanjang jalan didominasi bertani.

Upaya perbaikan dari masyarakat sekitar secara swadaya sudah sering dilakukan, baik gotong royong pembersihan maupun penambalan jalan berlubang dengan batu padas. Apa yang dilakukan oleh masyarakat belum maksimal sehingga perhatian serius pemerintah sangat mendesak sehingga kerusakan jalan tidak semakin parah, katanya.

Warga lainnya, N Rajagukguk mengatakan kerusakan jalan sangat merugikan masyarakat  terutama para petani dalam memasarkan hasil pertanian yang sangat murah. Kondisi jalan rusak membuat pengendara harus bertaruh nyawa melintasinya.

Terpisah, Pangulu Nagori Tiga Dolok R Damanik yang dihubungi melalui selulernya menjelaskan,  pihaknya dalam musrenbang kecamatan tahun ini telah mengajukan perbaikan jalan itu. (C11/i)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah