Cari

Tahukan Anda Kasiat Tanaman Pultak-Pultak atau Golden Berry

Posted 30-01-2015 14:53  » Team Tobatabo

Panen pultak-pultak (golden berry/inca berry/cape gooseberry/morel berry) dr kebon dpn rmh sndiri :-)

Kini buah yang bernama Physalis angulata ini mulai dijadikan buah superfood karena kandungan nutrisinya yg cukup tinggi.
Semua bagian dari tanaman ini dapat digunakan, yaitu mulai dari akar, daun, dan buahnya.

loading...

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan bahwa tanaman ini terbukti memiliki banyak kandungan yang berkhasiat dan beramanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya saponin (pada tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, tanin,dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat, Elaidic acid. (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid, C27H44O-H2O (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah).
Tak heran jika berry ini sekarang termasuk dalam kelompok superfood yang dicari di seluruh dunia. Di Barat sana tanaman ini dibudidayakan dan dijual dalam kemasan.

Beberapa khasiat dan manfaat dari tanaman ini bagi kesehatan diantaranya mengobati influenza, mengobati sakit tenggorokan, mengobati batuk rejan (pertusis), mengobati bronchitis, mengobati gondongan (parotitis), mengobati pembengkakan buah pelir (orchitis), mengobati bisul, mengobati borok, mengobati kencing manis (Diabetes mellitus), mengobati sakit paru-paru, mengobati ayan.

Di kampung saya (daerah batak) dikenal dgn nama pultak-pultak, ciplukan (Indonesia), keceplokan (Jawa), ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram), dedes (Sasak), di daerahmu apa sebutannya? sudah pernah belum makan tanaman ini? :-)

Diposting Oleh Maria Siahaan via Facebook

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah