Bupati Simalungun Pimpin Gotong Royong Bersihkan Pamatang Raya

Posted 20-02-2015 22:43  » Team Tobatabo

Pemkab Simalungun  bergotong royong membersihkan lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan lingkungan sekitar tempat tinggal warga di Pamatang Raya, Selasa (17/2).

Kegiatan gotong royong dipimpin  Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM diawali dengan mencabut rumput di halaman kantor  bupati, dilanjutkan membabat rumput  dan menebang  pohon di kompleks SKPD serta mengangkut sampah yang berada di pinggir jalan di Kelurahan Aman Raya Kecamatan Raya.

Di sela kegiatan gotong royong Bupati JR Saragih mengatakan selain melaksanakan kegiatan bersih-bersih di kompleks SKPD, Pemkab juga melakukan fogging (pengasapan) di rumah penduduk tepatnya di Aman Raya guna mengantisipasi  terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)  dikarenakan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh pegawai, mari kita ciptakan lingkungan bersih dan sehat di unit kerja kita masing-masing”, ujar JR Saragih.

Sementara itu Kadis Kesehatan dr Jan Mourisdo Purba MKes mengungkapkan biasanya penyebaran penyakit DBD akan timbul pada pergantian musim dari hujan ke musim kemarau. Untuk mengantisipasi timbulnya penyakit tersebut, masyarakat diminta menjaga lingkungan sekitar rumah agar tetap bersih.

Misalnya memeriksa setiap pot bunga agar tidak ada genangan air karena nyamuk sangat senang bertelur ditempat-tempat yang lingkungan rumah sekitarnya terdapat barang-barang milik warga yang menyimpan air seperti pot bunga, parit maupun drum tempat air, umumnya nyamuk sangat menyukai tempat demikian.

Tidak kalah penting untuk menerapkan pola 3 M yakni menguras bak mandi secara rutin, mengubur barang-barang bekas dan menutup barang-barang yang dapat menimbulkan genangan air seperti drum, kaleng maupun botol sangat efektif untuk menghindari warga dari serangan penyakit DBD.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI