Tobatabo
 
Posted 05-03-2015 02:37  » Team Tobatabo

Tips Wisata Murah ke Danau Toba & Pulau Samosir

 

 

1. Cari Promo Tiket Murah Ke Medan

Tiket pesawat dari Jakarta ke Medan atau kota lain yang lebih jauh tidaklah murah. Namun jangan kuatir karena semakin banyaknya maskapai penerbangan yang melayani rute ke Medan sering memberikan tiket harga promo seperti AirAsia atau Citilink yang cukup sering melakukannya. Atau jika Anda memiliki paspor boleh mencoba mencari tiket promo transitnya di Kualalumpur atau di Singapura. Secara geografis Malaysia memang lebih dekat dan banyak wisatawan dari negara Jiran ini berkunjung ke Medan dan Danau Toba.

2. Transportasi Murah di Medan

Setelah memperhatikan tiket murah ke Medan, Anda harus memikirkan biaya transportasi lokal. Pengalaman bulan Januari yang lalu dari bandara Polonia Medan (sebelum tutup), Anda dapat menggunakan angkutan kota menuju terminal Amplas dengan tarif Rp. 2.500 saja. Jika anda menggunakan taksi tanpa argo anda akan dikenakan biaya hingga Rp. 30.000. Sesampainya di terminal Amplas anda bisa langsung menuju loket pembelian tiket, pastikan anda memilih armada yang menuju Parapat, tariff yang dipatok Rp. 20.000 untuk sekali jalan. Dengan cara ini kami sukses liburan murah ke Danau Toba & Pulau Samosir.

3. Penginapan Murah di Sekitar Danau Toba & Pulau Samosir

Karena jarak dari Medan ke tempat wisata Danau Toba cukup jauh (sekitar 170 km), sebaiknya Anda untuk menginap dulu di Medan. Kecuali kalau tiba di Medan pagi hari, Anda boleh langsung berangkat ke Danau Toba. Karena kota besar, tentu saja banyak pilihan hotel di kota Medan. Anda bisa mengecek daftar hotel di Medan dan booking kamar secara online lewat Agoda yang kadang memberikan diskon hingga 75%.

Untuk penginapan di sekitar Danau Toba juga banyak pilihan, hanya saja untuk hotel berbintang hanya ada di Parapat. Tapi untuk penginapan murah di pulau Samosir, kalian tidak perlu khawatir karena di sana banyak sekali. Jadi pastikan anda memesan kamar hotel jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Obyek Wisata di Danau Toba & Pulau Samosir

Di Danau Toba cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Kabupaten Samosir terdiri dari 9 kecamatan. Masing-masing kecamatan memiliki daya tarik wisata sendiri-sendiri. Fokus wisata di Samosir seputar wisata alam dan wisata budaya. Untuk wisata sejarah di Danau Toba, kia bisa pergi ke Tomok melihat makam Raja Sidabutar, Batu Parsidangan serta Museum Huta Bolon. Di kedua tempat ini juga bisa belanja souvenir khas Danau Toba.

Sedangkan objek wisata alam di Pulau Samosir / Danau Toba, Anda bisa berkunjung ke Batu Marhosa, Goa Marlakkop, Pantai Ambarita, Aek Natonang, Pantai Pasir Putih, sampai pemandian air panasi di dekat kota Pangururan.  Ini baru sebagian obyek wisata, sejatinya Samosir memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dijelajahi.

Untuk urusan makan-makan, wisata kuliner di kota Medan tidak kalah dengan kota lainnya. Saat itu tim tipsjalan.com hanya sempat mencicipi durian Ucok dan Wajir Sea food yang keduanya buka pada malam hari.

Keindahan yang dapat disaksikan dari Danau Toba ialah pada saat festival Danau Toba atau lebih dikenal dengan nama Samosir Art Festival yang menjadi agenda tahunan Provinsi Sumatera Utara serta Kementerian Pariwisata bersama Ekonomi Kreatif. Festival tersebut menyajikan berbagai macam atraksi dan perlombaan yang pesertanya diikuti dari penduduk sekitar maupun wisawatan asing.

Waktu berkunjung ke Pulau Samosir yang bagus sebaiknya, habiskan waktu minimal empat hari untuk benar-benar menjelajahi keseluruhan Kabupaten Samosir. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih, datang dan pulang melalui akses yang berbeda. Misalnya datang melalui Pelabuhan Tomok dan pulang melalui Jalan Tele.

Karena Samosir berada di Pulau Sumatera yang condong sudah di wilayah barat Indonesia, matahari tenggelam lebih lama di Samosir. Matahari terbenam pada sekitar pukul 18.30 WIB. Begitupula dengan matahari terbit, yang biasanya lebih lama dibanding daerah lainnya di zona waktu Indonesia bagian barat.

Mudah-mudahan tips hemat liburan ke Danau Toba atau tips wisata hemat ke Pulau Samosir ini bisa bermanfaat. Setiap tujuan wisata memiliki tarif yang berbeda, jadi rencanakan dengan pasti tujuan dan buged Anda. dan jaga kondisi kesehata Anda.Terus kunjungi tipsjalan.com untuk mendapatkan update tips wisata murah selanjutnya.

 

Sumber