Gubsu : Perekonomian Sumut Tumbuh Lebih Baik Dibanding Capaian Nasional

Posted 18-03-2015 17:15  » Team Tobatabo

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Toba Samosir berlangsung selama 2 hari di Aula SMK Negeri 1 Soposurung Balige. Musrenbang yang bersamaan juga dengan waktu reses anggota DPRD Toba Samosir, dibuka secara resmi Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Selasa (17/3) dan dihadiri Gubsu diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Tranmigrasi Propinsi Sumut Bukit Tambunan.

Hadir pada pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten ini, Ketua DPRD Tobasa Ir Boike Pasaribu, anggota DPRD Tobasa Sabaruddin Tambunan, Sekretaris Daerah Tobasa Drs Audi Murphy Sitorus SH MSi, Kepala Dinas Tarukim Propinsi Sumut DR Binsar Situmorang, Kepala Bappeda dan juga seluruh stakeholder yang ada di Toba Samosir.

Gubsu dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Sumut Bukit Tambunan mengatakan, Musrenbang salah satu upaya dalam mewujudkan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi rencana pembangunan tahunan pemerintah.

Dikatakannya, kita mengharapkan  hasil rumusan Musrenbang yang telah dicapai tersebut, mampu menjawab dan memutuskan jalan keluar atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan Pemerintah Daerah mengakomodir kebutuhan masyarakat serta mampu menjalankan agenda pembangunanan daerah.

Program prioritas ke depan dapat dilakukan  lebih terintegrasi dan terkoordinasi satu sama lain, khususnya dalam merealisasi setiap visi dan misi pembangunan daerah. Dalam rangka mengkreasikan prioritas pembangunan tahun 2016,tentunya tidak terlepas dari hasil pencapaian tahun sebelumnya.

Berdasarkan kondisi perekonomian makro tahun 2014,walaupun tak sebaik capaian tahun tahun sebelumnya, tetapi Propinsi Sumut masih tumbuh relatif baik jika dibandingkan dengan capaian nasional. Ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,23 persen masih diatas pertumbuhan nasional 5,02 persen. Sedangkan angka inflasi, tahun 2014 8,17 persen dan masih di bawah tingkat nasional sebesar 8,36 persen.

“Indikator ekonomi lainnya, yang telah kita capai adalah pendapatan perkapita telah mencapai  Rp 38,05 juta pertahun atau 3.200 dolar AS. Kondisi ekspor Sumut tahun 2014  9,36 juta dolar AS dan import mencapai 5, 04 juta  dollar AS atau surplus 4,23 dollar, “papar Gubsu melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Sumut.

Usai pembukaan Musrembang oleh Bupati Tobasa yang ditandai dengan pemukulan gong,  Pemkab Toba Samosir melalui Forkala Tobasa mangulosi Gubernur Sumatera Utara yang diterima Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Bukit Tambunan dan Kadis Tarukim Sumut DR Binsar Situmorang.

 

Sumber

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI